• Kamis, 21 Oktober 2021

Jangan Sampai Salah, Simak 7 Cara Belajar Efektif dan Efisien ala Youtuber Jerome Polin

- Selasa, 28 September 2021 | 10:30 WIB
Jerome Polin berbagi tips agar kegiatan belajar di rumah dapat berjalan efektif. (Pinterest)
Jerome Polin berbagi tips agar kegiatan belajar di rumah dapat berjalan efektif. (Pinterest)
NEWSmedia - Belajar adalah salah satu metode mencari ilmu pengetahuan, tetapi dalam mencari ilmu harus tahu caranya agar hasilnya maksimal terutama saat memulai suatu pelajaran atau ilmu.
 
Salah satu yang patut dicoba yakni ala Jerome Polin yakni mahasiswa indonesia yang sedang menempuh program sarjana di universitas Jepang dengan mengambil jurusan matematika murni. 
 
Jerome juga merupakan salah satu tutor belajar dan sangat terkenal dengan kepintarannya dalam matematika. 
 
 
Dilansir oleh NEWSmedia dari instagram resmi @posipelatihan, berikut 7 cara ampuh belajar ala Jerome Polin
 
1. GUNAKAN METODE 50-10
 
Metode ini yaitu 50 menit belajar, 10 menit istirahat. Belajar terlalu lama juga tidak baik untuk otak, akibatnya materi tidak terserap dengan baik. Selain itu, otak juga membutuhkan istirahat setelah digunakan untuk berpikir keras.
 
Metode 50 10 biasanya diterapkan oleh orang Jepang. Metode ini tidak hanya membuat otak relax, tetapi juga menciptakan mood baik untuk belajar.
 
2. Buat Target Belajar
 
Sebaiknya menentukan target belajar dan skala prioritas pada buku atau catatan kecil. Hal ini agar kamu tidak bingung harus mempelajari apa. Kemudian, tentukan target mengerjakan soal.
 
Misalnya, dalam waktu 30 menit harus menyelesaikan setidaknya 40 soal dan begitu seterusnya. Sehingga, akan lebih produktif dan terbiasa mengerjakan soal-soal.
 
 
3. Reward atau Punishment
 
Ibaratnya, jika kamu berhasil mencapai target atau melampauinya, maka memberikan hadiah bagi diri sendiri. Sebaliknya, jika gagal, memberikan hukuman pada diri sendiri, misalnya dengan mengerjakan soal HOTS (High Order Thinking Skill).
 
Metode ini agar kalian lebih disiplin dan rajin belajar, dan akhirnya terpacu untuk mencapai target.
 
4. Perbanyak Sumber Belajar
 
Jangan hanya terpusat pada guru atau buku saja, justru kalian sebagai pelajar harus kreatif dan berinisiatif tinggi. Banyak sekali sumber belajar lain yang tersedia, seperti ebook, video belajar, dan lain sebagainya.
 
Selain itu, banyak sekali layanan belajar online yang cukup digemari oleh para pelajar. Dengan begitu, ilmu yang kalian dapatkan semakin bertambah dan memudahkan dalam memahami materi.
 
 
5. Cari Suasana Baru
 
Suasana baru sangat mendukung untuk meningkatkan semangat dan mood belajar. Misalnya, kalian bisa mengunjungi perpustakaan, atau cafe cafe yang setidaknya memiliki suasana yang tenang dan sepi. Tapi, jika tidak ingin keluar rumah, bisa belajar di halaman belakang rumah karena mungkin suasananya mendukung.
 
6. Cari Komunitas Belajar
 
Jangan ragu untuk mencari komunitas belajar, sebab menguntungkan kalian dan mendapatkan banyak relasi. Selain itu, juga mempermudah bila ada soal soal yang sekiranya cukup sulit dipecahkan.
 
Komunitas belajar juga bisa menjadi tempat sharing atau bertukar pikiran. Sehingga, kalian bisa mengetahui metode belajar satu sama lain untuk bisa ditiru.
 
 
7. Berdoa Sebelum Belajar
 
Meminta diberikan kemudahan dan kelancaran ketika belajar dan ilmu yang didapatkan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain adalah tips belajar terakhir ala Jerome Polin.
 
Dengan belajar kita dapat menjelajahi dunia seperti hal nya Jerome Polin yang dapat kuliah di Jepang karena mereka yang sukses takkan luput dari lelahnya belajar.***

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X