• Kamis, 21 Oktober 2021

8 Kebiasaan yang Membuat Perutmu Buncit, Dua Diantaranya Sering Menjadi Kebiasaan

- Selasa, 28 September 2021 | 11:45 WIB
Ilustrasi perut buncit.  (Pixbay)
Ilustrasi perut buncit. (Pixbay)
 
NEWSmedia - Perut buncit mungkin menjadi salah satu masalah yang sangat mengganggu untuk semua orang. Bisa karena perilaku hidup yang buruk atau mungkin makanan yang kita konsumsi.
 
Perut buncit adalah kondisi dimana perut kita mengalami penambahan ukuran atau perubahan bentuk menjadi lebih bulat kondisi ini biasa kita sebut juga dengan gendut. 
 
Hal ini disebabkan oleh adanya penumpukan lemak dan kalori berlebih dalam tubuh yang berkumpul dan menumpuk di bagian lapisan perut.
 
 
Orang mungkin menganggap kondisi ini tidak berbahaya. Namun beberapa orang yang mengalami ini mumgkin beresiko memiliki komplikasi penyakit ringan sampai serius.
 
Untuk itu penting bagi kita menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang memicu lemak perut berlebih yang menyebabkan buncit.
 
Dirangkum Newsmedia dari laman Eat This, Not This berikut adalah penyebab perut menjadi buncit atau gendut yang mungkin harus kamu hindari. 
 
 
1. Kurang tidur
Menurut seorang peneliti, Wake Forest, bagi para pelaku diet yang hanya tidur lima jam atau kurang dari itu cenderung memiliki lemak perut lebih banyak.
 
Hal ini karena aktivitas kerja yang dilakukannya bisa membuat seseorang lebih banyak menginginkan makanan berlemak. Akan sangat baik jika mengatur tidur tujuh sampai delapan jam sehari.
 
2. Banyak Minum Soda
Soda memiliki kadar gula yang cukup tinggi  menyebabkan penumpukan lebih bannyak kalori.
 
Penelitian menemukan bahwa saat minum soda ada kemungkinan aspartam meningkatkan kadar glukosa darah sehingga hati tak dapat menyerap semuanya dan mengubahnya menjadi lemak. 
 
Jika kamu penggemar soda, akan lebih baik beralih ke soda non gula.
 
 
3. Makan berkelompok
Penelitian dalam jurnal nutrition mengatakan bahwa makanan yang dimakan bersama orang lain 33 persen lebih banyak daripada makanan yang kita makan sendiri.
 
Hal ini juga kadang membuat kita lupa menahannya. Solusinya, kamu mungkin bisa memvariasikan makanmu dengan aktivitas lain.
 
4. Mengikuti Diet Ketat
Jika kamu sedang  diet ketat rendah karbohidrat, kamu harus melakukannya dengan hati-hati. Seringkali diet yang kamu lakukan memotong seluruh asupan makanan dan tidak mampu menyeimbangkan asupan nutrisi  dalam tubuh.
 
Akibatnya saat perasaan lapar memuncak dan bosan dengan pola diet sehingga malah kamu makan berlebihan. 
 
5. Makan di Piring yang besar
Sebuah studi menemukan bahwa sekitar 98,6 persen orang gemuk memiliki piring yang lebih besar.ini artinya makanan yang ada dalam piring juga lebih banyak.
 
Ingat lebih banyak makanan, lebih banyak kalori, lebih banyak lemak. Solusinya kamu bisa makan teratur dengan porsi yang lebih kecil. 
 
 
6. Bermain Media Sosial di tempat tidur
Bermain smartphone sambil membuka Media sosial. Kamu memakan apa saja yang bisa dimakan saat merasa lapar.
 
Sebuah studi di lighting research juga mengatakan bahwa cahaya dari ponsel dapat menekan produksi melatonin di otak yaitu hormon tidur utama sehingga membuat seseorang betah berlama-lama dan akibatnya tidur menjadi lebih larut.
 
7. Makan terburu-buru
Saat makan terburu-buru, kamu akan lupa dengan rasa dan sensasi sebenarnya dari makanan yang kamu makan.
 
Makan dengan penuh perhatian adalah mekanisme penurunan berat badan. gunakanlah semua indera dalam tubuh saat kamu makan agar makanmu teratur dan terkendali. 
 
 
8. Kurang Minum
Asupan air sangat penting bagi tubuh dan memberikan peluang untuk menghilangkan lemak perut.
Seorang peneliti Jerman mengatakan bahwa minum enam cangkir air dingin dapat mendorong metabolisme dan membakar 50 kalori harian. 
 
Itulah beberapa penyebab lemak menumpuk di perutmu. Semoga bermanfaat***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X