• Senin, 29 November 2021

Aturan Terbaru Penggolongan SIM Telah Berlaku Sejak Agustus, Wajib Tahu Tak Semua Roda Dua Pakai SIM C

- Rabu, 29 September 2021 | 10:00 WIB
Aturan baru SIM C, terbagi dalam tiga golongan. (Foto: Tangkap Layar Youtube)
Aturan baru SIM C, terbagi dalam tiga golongan. (Foto: Tangkap Layar Youtube)

NEWSmedia – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah merilis aturan terbaru terkait penerbitan dan penandaan Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui Perpol No.5 Tahun 2021.

Penting sekali untuk anda ketahui karena terdapat beberapa perubahan. Aturan ini telah berlaku sejak Agustus 2021.

NEWSmedia telah merangkum dan simak penjelasannya berikut ini. Penggolongan SIM Terbaru untuk SIM A, untuk pengendara mobil penumpang umum dan mobil barang umum dengan jumlah berat maksimal 3.500 Kg.

Baca Juga: Download Free Fire Max Android dan iOS, Rasakan Sensasi Berbeda dengan Fitur yang Eksklusif

Kemudian Penggolongan Terbaru untuk SIM B terdapat beberapa golongan, yaitu ada SIM B I dan SIM B II, lalu ada SIM B I Umum dan SIM B II Umum.

Berikut penjelasan lebih lanjut. Untuk SIM B I di berlakukan untuk pengendara mobil bus perseorangan dan mobil barang perseorangan dengan jumlah berat lebih dari 3.500 Kg.

Untuk SIM B II di berlakukan untuk pengendara alat berat, kendaraan penarik, dan kendaraan dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat golongan lebih dari 1.000 Kg.

Baca Juga: Meski Tidak Kuorum, Rapat Interpelasi Formula E di DPRD DKI Tetap Dilanjutkan

Untuk SIM B I Umum di berlakukan untuk pengendara mobil bus umum dan mobil barang umum dengan jumlah berat lebih dari 3.500 Kg.

Untuk SIM B II Umum di berlakukan untuk pengendara alat berat, kendaraan penarik, dan kendaraan dengan menarik kereta tempelan atau gandengan umum dengan berat golongan lebih dari 1000 Kg.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Artikel Terkait

Terkini

X