• Selasa, 24 Mei 2022

Nonton Live Streaming dan Jadwal Film G30S PKI yang Akan Tayang di MNCTV dan TVOne, Berikut Latar Belakangnya

- Rabu, 29 September 2021 | 13:28 WIB
Jadwal film G30S PKI di MNCTV dan TVOne (Instagram/ @tvonenews)
Jadwal film G30S PKI di MNCTV dan TVOne (Instagram/ @tvonenews)

NEWSmediaG30S/PKI merupakan salah satu peristiwa kalam yang mencoreng sejarah Bangsa Indonesia, bahkan aksi penculikan sejumlah anggota TNI AD dan pembantaian secara kejam terjadi.

Kejadian yang melibatkan 3 tokoh utama, yaitu Soekarno, angkatan militer Indonesia dan partai komunis Indonesia, dilatar belakangi oleh dua pilar yang dapat menguatkan kedudukan Soekarno.

Militer merupakan kekuatan Soekarno dalam hal persenjataan dan peperangan, sedangkan PKI adalah kekuatannya dari segi menggalang suara dan dukungan rakyat, terutama buruh dan tani.

Baca Juga: Di Balik G30S, Taufiq Ismail Ungkap Aksi Pelecehan Tuhan dan Agama yang Dilakukan PKI Melalui Seni Ludruk

Sebagai seorang pemimpin, tentu saja Soekarno perlu menyeimbangkan kedudukan kedua pilarnya, sebab jika salah satu pilar memiliki kedudukan lebih tinggi, pilar yang lain dapat mengusik kedudukan Soekarno bahkan melenyapkan kedudukan pilar yang lebih rendah.

Ketika Soekarno semakin jatuh sakit, PKI semakin khawatir tanpa Soekarno militer Indonesia dapat mengambil alih pemerintahan.

Dalam mengantisipasi hal tersebut, PKI membentuk biro khusus yang diketuai oleh Sjam untuk mengoleksi informasi mengenai gerak-gerik militer yang berhubungan dengan PKI dan menarik simpati tentara Indonesia pada teori Marxisme dan komunisme.

Baca Juga: Lirik Lagu Gugur Bunga serta Maknanya, Menyayat Hati untuk Mengenang Pahlawan Korban Tragedi G30S PKI

Selain itu, PKI juga menyarankan membentuk angkatan kelima yang akan terdiri dari pasukan kerja dan petani yang dipersenjatai untuk membantu operasi militer.

Proposal ini mendapat dukungan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang menjanjikan 100.000 keping senjata ringan untuk mempersenjatai angkatan kelima, namun ditentang oleh militer.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini