• Selasa, 30 November 2021

Kontroversi Gerakan 30 September, Siapa Dalang Dibalik G30S PKI? Berikut Teori Para Ahli

- Rabu, 29 September 2021 | 14:39 WIB
Kontroversi G30S PKI (Imdb)
Kontroversi G30S PKI (Imdb)

NEWSmedia – Berikut beberapa teori yang menunjukkan dalang atau pelaku di balik peristiwa berdarah G30S/ PKI.

Tanggal 30 September merupakan tanggal yang memiliki sejarah kelam bagi bangsa Indonesia. Tragedi yang dikenal dengan nama G30S/PKI (Gerakan 30 September/ Partai Komunis Indonesia).

Peristiwa pembantaian dan penculik para jenderal dan para perwira Angkatan Darat yang terjadi 56 tahun lalu ini, masih terekam jelas dalam pikiran masyarakat Indonesia saat ini.

Baca Juga: Di Balik G30S, Taufiq Ismail Ungkap Aksi Pelecehan Tuhan dan Agama yang Dilakukan PKI Melalui Seni Ludruk

Meski begitu masih ada beberapa kejanggalan yang terkait dengan peristiwa ini. Kejanggalan-kejanggalan tersebut berujung pada satu pertanyaan, ‘Siapa dalang sebenarnya dalam peristiwa G30S/PKI?’.

Berikut ini beberapa teorinya:
1. G30S/ PKI didalangi oleh CIA (Intilijen Amerika Serikat)
Teori ini ditulis oleh Peter Dale atau Genfrey Robinson. Menurut teori ini, AS khawatir Indonesia jatuh ketangan komunis, di mana saat itu adalah masa-masa perang dingin antara AS dengan demokrasinya dan Rusia-Cina dengan komunisnya.

Karena itu, CIA kemudian bekerja sama dengan suatu kelompok dalam tubuh Angkatan Darat untuk memprovokasi PKI agar melakukan kudeta. Tujuan kudeta ini adalah menjatuhkan pamor Presiden Soekarno.

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional September 2021: Dari Hari Polwan, Hingga Peringatan G30S/PKI

2. G30S/ PKI didalangi oleh Inggris dan Amerika Serikat
Teori ini dikemukakan oleh Greg Poulgran. Menurut teori ini, Inggris dan AS memiliki kepentingan yang sama di Asia Tenggara.

Inggris tidak ingin Malaysia jatuh ke tangan Indonesia yang saat itu sedang tersiar kabar konfrontasi antara Indonesia dengan Malaysia.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X