• Sabtu, 25 Juni 2022

Ternyata Stres Itu Tidak Selalu Buruk, Bagaimana Membedakannya Stres Baik dan Stres Buruk?

- Kamis, 30 September 2021 | 10:40 WIB
Ilustrasi Stres (Gerd Altmann dari Pixabay)
Ilustrasi Stres (Gerd Altmann dari Pixabay)

NEWSmediaStres bisa datang dari berbagai macam faktor. Mulai dari stres yang disebabkan oleh hubungan keluarga, pertemanan, rekan kerja atau pasangan.

Stres bahkan bisa terjadi karna masa lalu yang tidak pernah selesai. Sampai pada akhirnya masalah tersebut akan banyak dan membuat kesehatan mental seseorang terus memburuk.

Tidak semua stres termasuk kondisi yang buruk. Ada stres baik yang bahkan memiliki manfaat perkembangan mental dan perasaan seseorang.

Baca Juga: Waktu Ideal Berlibur Supaya Stres Benar-benar Hilang

Untuk memahami hal tersebut, ada baiknya diketahui dulu perbedaan Stres Baik dan buruk yang kerap kali terjadi. Dengan begitu, kita dapat lebih gampang mengerti kondisi yang sedang terjadi. 

Stres baik atau eustres, hal ini terjadi saat keadaan dimana sesuatu yang membuat stres bisa membantu menginspirasi, memotivasi, dan meningkatkan kinerja kita.

Pada stres ini biasanya akan melibatkan seseorang agar menerima tantangan dan membuat keputusan atau melakukan usaha untuk mengatasi masalah.

Stres buruk atau distress adalah stres yang biasa membuat kita menjadi gelisah, lelah dan dapat merusak kesehatan.

Baca Juga: 5 Tips Terbaik Hilangkan Stres Saat Bekerja

Biasanya stres ini biasa terjadi pada sebuah peristiwa besar yang terjadi dalam hidup. Kondisi kesusahan ini menyebabkan reaksi berlebihan, kebingungan, konsentrasi yang buruk, kinerja yang menurun serta kecemasan.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini