• Senin, 29 November 2021

Sah, Lodewijk F Paulus Resmi Gantikan Azis Syamsuddin Menjadi Wakil Ketua DPR RI

- Kamis, 30 September 2021 | 21:54 WIB
Lodewijk Resmi Gantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR
Lodewijk Resmi Gantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR

NEWSmedia - Sesuai prediksi banyak orang, akhirnya Lodewijk Friedrich Paulus diputuskan menggantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Sekretaris Jenderal Golkar Lodewijk F Paulus dilantik sebagai Wakil Ketua DPR Bidang Politik dan Keamanan menggantikan Azis dalam Rapat Paripurna DPR, Kamis 30 September 2021.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin Ditangkap KPK, Ditahan di Rutan Polres Jakarta Selatan

Lodewijk menjadi Wakil Ketua DPR setelah mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung M Syarifuddin. "Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," kata Lodewijk dengan tegas.

Baca Juga: Siapa Lodewijk Friedrich Paulus, Kandidat Pengganti Azis Syamsuddin Sebagai Wakil Ketua DPR? Ini Profilnya

Sumpah itu dibacakan Lodewijk dihadapan seluruh pimpinan yaitu Ketua DPR Puan Maharani dan 3 orang wakilnya yaitu Sufmi Dasco Ahmad, Muhaiimin Iskandar dan Rchmat Gobel. 

Sebelumnya Ketua DPR Puan Maharani meminta persetujuan anggota dewan untuk menetapkan Lodewijk sebagai wakil ketua DPR menggantikan Azis Syamsudin. "Kami menanyakan kepada seluruh peserta sidang paripurna, apakah Saudara H Lodewijk F Paulus nomor anggota A281 dapat ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPR RI, apakah dapat disetujui?"

Seluruh anggota pun berseru "Setuju," dan Puan pun langsung mengetuk palu tanda keputusan tersebut sudah bulat dan sah. Kemudian Lodewijk pun duduk di kursi yang sebelumnya ditempati Azis Syamsuddin.

Baca Juga: Azis Syamsuddin dan Firli Bahuri Pernah Berurusan Saat Pemilihan Ketua KPK di Komisi III DPR pada 2019

Sebelumnya Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan surat kepada pimpinan DPR dan diterima oleh Ketua DPR Puan Maharani. Surat berkop Partai Golkar ini berisi surat keputusan Partai Golkar terkait nama Wakil Ketua DPR yang ditinggalkan oleh Azis Syamsuddin.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X