• Rabu, 17 Agustus 2022

Hindari Main Gadget Berlebihan, Ini 5 Tips Agar Mata tetap Sehat dan Tidak Cepat Lelah

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 11:00 WIB
Melindungi Kesehatan Mata Sangat Penting di era Daring
Melindungi Kesehatan Mata Sangat Penting di era Daring

NEWSmedia – Di era pandemi seperti saat ini, memang semua orang di tuntut untuk melakukan segala aktivitas dari rumah. Tentu saja teknologi yang canggih dapat memudahkan kita untuk tetap melakukan aktivitas walaupun tidak melakukan kegiatan secara langsung.

Seperti kerja, sekolah, berbisnis online, dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan secara daring

Tentu saja anda memiliki waktu dalam jangka yang cukup lama untuk menatap layar ponsel atau laptop untuk melakukan segala aktivitas tersebut. Seringkali mata kita terasa perih dan lelah jika terus berhadapan dengan layar tersebut. 

Baca Juga: Selain Diabetes, Ketahui 5 Penyebab Lain Mata Kering

Mata adalah salah satu indera terpenting bagi manusia. Melalui rangkaian proses yang terjadi di dalam mata, kita mendapatkan banyak informasi tentang objek yang ada di sekitar.

Oleh karena itu, penting bagi kita menjaga Kesehatan mata terlebih di era daring seperti saat ini, dimana kegiatan kita lebih banyak dilakukan di depan layar. 

Baca Juga: Nonton TV Terlalu Dekat Bikin Mata Buta, Mitos atau Fakta?

Computer Vision Syndrome adalah masalah pada penglihatan. Masalah ini ditandai dengan dua hal yang pertama yaitu Dry Eye atau Mata Kering dan yang kedua adalah Eyestrain atau mata tegang atau lelah. 

Simak tips menjaga Kesehatan mata di era daring berikut ini.. 

  1. Gunakan gadget maksimal 2 jam dan jaga jarak minimal 40-50 meter, karena mata akan bekerja lebih keras jika jarak pandang kita terlalu dekat.
  2. Kurangi tingkat kecerahan layar, gadget terlalu terang akan menimbulkan mata menjadi tidak nyaman
  3. Terapkan rumus 20-20-20, rumus ini memiliki arti setiap memandang layar laptop atau smartphone selama 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik, dengan memandang objek yang berjarak sekitar 20 kaki. Hal ini dapat membuat mata menjadi lebih rileks
  4. Lakukan relaksasi mata, untuk mengurangi mata Lelah kita bisa melakukan beberapa hal yaitu memijat area di sekitar mata dengan lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah. Menggunakan dua tangan yang ditempelkan dimata atau bisa juga menggunakan handuk hangat atau dingin pada mata
  5. Konsumsi makanan yang baik bagi mata, makanan yan mengandung vitamin A seperti wortel, brokoli, bayam, susu dan kuning telur dapat membuat mata kita menjadi lebih sehat.

Demikian cara menghindari kelelahan mata akibat terlalu banyak bermain gadget di era daring saat ini.***

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini