• Selasa, 30 November 2021

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, Serta Link Twibbon Keren untuk Dipasang di Wallpaper Ponsel

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 12:10 WIB
Salah satu template desain Twibbon Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021.
Salah satu template desain Twibbon Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021.
NEWSmedia - Sejarah Peringatan hari Kesaktian Pancasila bermula dari sejarah mencuatnya peristiwa pemberontakan G30S/PKI yang merupakan tragedi berdarah di Indonesia pada tahun 1965. 
 
Saat itu telah terjadi penculikan sekaligus pembunuhan para jendral militer Republik Indonesia yang dilakukan Oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) dan untuk mengingatnya diperingatilah hari G30S/PKI.
 
Sejarah Hari Kesaktian Pancasila adalah saat dimana pada tanggal 1 Oktober dini hari telah terjadi peristiwa penculikan kepada 7 Jendral Militer Indonesia yaitu, Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI Raden Suprapto, Mayjen TNI Mas Tirlodarmo Haryono.
 
 
Kemudain PKI juga menculik dan membunuh Mayjen TNI Siswando Parman, Brigjen Donanld Isaac Panjaitan, Brigjen TNI Siswomiharjo. dan Jendral TNI Abdul Haris Nasution yang selamat dari penculikan. 
 
Para korban ini kemudian dibunuh dan dikubur dalam sebuah lubang yang kita sebut sebagai lubang buaya dan berada di daerah Pondok Gede, Jakarta Timur. Kemudian jenazah para jendral ini ditemukan pada tanggal 3 Oktober 1965. 
 
Pasca pembunuhan tersebut PKI menguasai stasiun Radio RRI di Jalan Merdeka Barat  dan mengumumkan bahwa telah terbentuk dewan Jendral yang akan mengkudeta Presiden Soekarno.
 
 
PKI juga meminta masyarakat untuk melawan pasukan militer dan telah teebentuk dewan revolusi yang diketuai oleh Kolonel Untung.
 
Namun akhirnya pada tanggal 4 oktober dengan mencurigai Lubang Buaya sebagai lokasi pembunuhan para jendral yang diculik, anggota TNI menemukan keseluruh jendral yang dibunuh dan disiksa di sumur tua diantara kebun karet dan pemukiman warga.
 
Pada 6 Oktober Soeharto menghimbau rakyat untuk membentuk "Persatuan Nasional" dan tidak melawan angkatan bersenjata. Pada tanggal 3 Oktober Soeharto diangkat menjadi Pangkostrad setelah beberapa jabatan kosong akibat terbunuhnya beberapa jendral.
 
 
Pada tanggal 16 Oktober, Soeharto diangkat menjadi Menteri Panglima Angkatan Darat Istana Negara leh Presiden Soekarno.
Pasca diangkatnya Soeharto menjadi panglima, dia langsung melakukan koordinasi dengan seluruh elemen di angkatan darat untuk menyelesaikan dan menertibkan keamanaan di masyarakat pasca gagalnya pemberontakan G30S/PKI.
 
Dia juga meminta kepada Presiden Soekarno agar diberikan kewenangan yang dianggap perlu dan terbitlah Supersemar 11 Maret 1966 untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu, untuk terjadinya keamanan dan ketenangan serta kestabilan jalannya pemerintahan dan jalannya revolusi.
 
 
Menjamin keselamatan pribadi/kewibawaan Presiden demi keutuhan bangsa dan negara RI.
 
Setelah itu, hal pertama yang dilakukan oleh Soeharto adalah mengusut tuntas dan membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) karena prilaku tak terpujinya. 
 
Dari peristiwa inilah setiap tanggal 30 September diperingati hari G30S/PKI dan menetapkan 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila pasca gagalnya kudeta yang dilakukan oleh PKI meski berhasil membunuh para jendral.
 
 
 
Hari ini masih dalam suasana haru dan kita pasti ingin memperingati hari Kesaktian Pancasila ini dengan memposting suatu ungkapan atau tanda peringatan untuk mengenang pristiwa bersejarah ini.
 
Berikut link download Twibbon Hari Kesaktian Pancasila 
 
 
2. Selamat Hari Kesaktian Pancasila, semoga Pancasila selalu terpelihara demi mewujudkan persatuan dan kesatuan. 
 
 
3. Mari kita wujudkan generasi bangsa Indonesia yang berpancasila dan mengisi kemerdekaan dengan prestasi terbaik. 
 
 
4. Sejarah yang ingin merubah Pancasila 
 
 
 
5. TWIBBON HARI KESAKTIAN PANCASILA 2021
 
 
 
7. HARI KESAKTIAN PANCASILA 2021 
 
 
8. Selamat Hari Kesaktian Pancasila, semoga Pancasila selalu terpelihara demi mewujudkan persatuan dan kesatuan. 
 
 
 
 
 
10. Bhineka Tunggal Ika mari pelihara dan pertahankan ideologi negara dengan implementasi nyata. 
 
 
Selamat Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober. 
 
 
Itulah sekilas sejarah Hari Kesaktian Pancasila dan link twibbon Hari Kesaktian Pancasila yang bisa kamu pasang di wallpapermu untuk memperingatinya. ***
 
 
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X