• Senin, 29 November 2021

Buya Yahya Ungkap Sedekah Terbaik untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Supaya Pahalanya Bisa Terus Mengalir

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 06:00 WIB
Buya Yahya. (Tangkapan layar YouTube Al-Bahjah TV)
Buya Yahya. (Tangkapan layar YouTube Al-Bahjah TV)

NEWSmedia - Orang tua adalah sosok berharga di dalam kehidupan seorang manusia. Banyak hal baik dapat dilakukan untuk membahagiakan orang tua ketika mereka masih hidup.

Namun bagaimana jika orang tua sudah meninggal? Satu hal baik yang dapat dilakukan untuk membahagiakan orang tua yang telah meninggal adalah bersedekah yang diniatkan untuk orang tua.

Dalam sebuah kegiatan kajian Buya Yahya yang diansir NEWSmedia dari kanal YouTube Al-Bahjah TV, ada seorang penonton bertanya perihal sedekah yang sebaiknya dilakukan untuk orang tuanya yang sudah meninggal.

Baca Juga: Sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober yang Diakui UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Indonesia

“Assalamualaikum Buya saya dari Batam, orang tua saya baru saja meninggal dunia. Saya dan kakak saya sepakat untuk menginfakkan harta peninggalan mereka agar bisa menjadi amal jariyah bagi kedua orang tua kami Buya. Bagaimana kah tata cara serta niatan yang harus dilakukan apa saja sekiranya bentuk infak yang akan bisa menjadi amal jariyah yang pahalanya tidak terputus bagi orang tua saya yang telah tiada. Mohon penjelasannya Buya,” ujar penanya.

Atas pertanyaan itu Buya Yahya menjawab dengan jawaban yang panjang. Sebelum menjawab, Buya sempat memuji penanya dan meminta doa dari orang tersebut yang menurut Buya dia adalah anak yang soleh.

“Beruntunglah orang tua anda yang telah wafat meninggalkan anak-anak seperti anda. Orang tua Anda wafat ternyata meninggalkan anak soleh dan solehah yang merindukan untuk mendermakan apa yang didapat dari orang tuanya,harta warisnya, peninggalannya. Ini adalah keluarga istimewa. Anak-anak istimewa anak-anak soleh dan sholehah,”kata Buya Yahya.

Baca Juga: PON XX Papua 2021 Resmi Dibuka Presiden Jokowi Sabtu 2 Oktober, Menpora Ingin ada Rekor Baru dari Atlet Muda

“Dari  jauh kami mohon doanya. Anda anak baik sebab kadang di zaman ini orang tergila-gila terpukau dengan dunia ini. Kadang orang tuanya wasiat pun tidak dijalankan. Bahkan ada yang sudah diberikan orang tuanya diambil lagi oleh anaknya hanya gara-gara sertifikatnya belum diwakafkan,” sambung Buya Yahya.

Buya pun menjawab, sedekah terbaik untuk orang tua yang telah meninggal adalah sedekah yang dilakukan di tempat-tempat yang mengandung nilai amal jariyah, seperti untuk pesantren, masjid yang berpotensi ramai oleh jamah dan lainnya.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X