• Minggu, 29 Mei 2022

Shampo dengan Kopi Viral, Berikut Manfaat Kopi Bagi Rambut, Salah Satunya Mengurangi Rontok

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 15:49 WIB
Ilustrasi - Shampo (Pexels/ cottonbro)
Ilustrasi - Shampo (Pexels/ cottonbro)

NEWSmedia – Unggahan video yang memperlihatkan seseorang menggunakan shampo dengan kopi viral di medsos, terutama pengguna TikTok.

Video itu diunggah oleh Sindi dalam akun TikTok @sindi9rande menjadi viral lantaran video tersebut menunjunkan manfaat kopi bagi kesehatan rambut.

Tidak banyak penelitian yang mendukung penggunaan kopi pada rambut. Namun beberapa penelitian mengatakan kopi, lebih khusus lagi kafein dalam kopi, dapat memperbaiki penampilan dan tekstur rambut dalam beberapa cara.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Makanan yang Baik untuk Meminimalisir Rontok Parah

Berikut ini adalah deretan manfaat menggunakan kopi pada rambut yang dilansir Newsmedia dari Health Line:

1. Mengembalikan pertumbuhan rambut
Kerontokan rambut dapat terjadi seiring bertambahnya usia, baik pria maupun wanita. menggunakan kopi pada rambut dan kulit kepala dapat menghentikan kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan kembali.

Dalam kasus kebotakan pria, rambut rontok biasanya terjadi ketika hormon seks dihidrotestosteron (DHT) merusak folikel rambut. Wanita dengan terlalu banyak DHT juga bisa mengalami kerontokan rambut.

Baca Juga: Apakah Potong Rambut dan Menggunting Kuku Saat Haid Boleh? Berikut Penjelasan UAS

Kerusakan folikel rambut terjadi secara bertahap dan akhirnya menyebabkan kebotakan. Namun menurut penelitian, kafein dalam kopi dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan rambut.

Satu studi laboratorium 2007 menemukan bahwa kafein membantu memblokir efek DHT pada folikel rambut pria. Ini merangsang pemanjangan batang rambut, menghasilkan akar rambut yang lebih panjang dan lebih lebar.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini