• Senin, 17 Januari 2022

8 Langkah Menjadi Pribadi Percaya Diri, Buang Jauh-jauh Insecure yang Membebanimu

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 06:00 WIB
Ilustrasi Insecure . (Foto: Pixabay)
Ilustrasi Insecure . (Foto: Pixabay)

NEWSmedia – Apa kamu masih sering merasa insecure, rendah diri atau jadi sulit merasa percaya diri karena banyak pikiran-pikiran di kepala yang terasa menakutkan?

Pikiran-pikiran ini lambat laut menjadi beban, hingga akhirnya kita sulit untuk bangkit.

Karena selalu diselimuti perasaan cemas, tidak mampu, dan kurang percaya diri yang membuat seseorang merasa tidak aman.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Kesehatan 3 Oktober 2021: 4 Bintang Diramal Miliki Kesehatan  Prima, Scorpio Pentingkan Dirimu

Menurut Nawal Mustafa, M.A Neuropsychology dan Alicia Naser, Board Certified & Licensed Behavior Analyst, teknik Acceptance and Commitment Therapy (ACT) dan Cognitive Bhavioral Therapy (CBT) bisa melawan rasa Insecure.

Inilah delapan langkah yang harus dilakukan untuk menjadi pribadi yang penuh percaya diri.

1. Pisahkan dirimu dari pikiran yang tidak sehat. Terkadang kita perlu terikat pada pikiran tidak sehat kita, sehingga menjadi sulit bagi kita untuk mempertimbangkan pikiran lain yang lebih sehat.

Baca Juga: Kurang Terkenal di Indonesia, 5 Musisi Ini Populer di Mancanegara, Salah Satunya The SIGIT

2. Mulailah mempertimbangkan pikiran-pikiran yang tidak membantu. Luangkan waktu untuk merenungkan pikiran-pikiran yang sering muncul dan seberapa erat kamu menggenggamnya.

3. Latih metafora ‘tangan sebagai pikiran’. Tujuan metafora ini bukan untuk menyingkirkan pikiranmu sepenuhnya atau menghindarinya, tapi menciptakan lebih banyak jarak antara dirimu sendiri dengan pikiranmu

4. Anggap kedua tanganmu mewakili pikiranmu. Letakkan kedua tangan di atas wajahmu.

Baca Juga: Tentukan Siapa yang Paling Bodoh? Jawabanmu akan Mengungkap tentang Kepribadian Dirimu

Ketika kamu melakukan ini, apa yang kamu lihat? Kamu mungkin tidak dapat melihat apapum, gelap dan sulit untuk melihat hal lain ketika pikiran (tangan)mu begitu melekat pada wajah.

5. Sekarang, singkirkan pikiran (tangan)mu dari wajahmu. Apakah lebih mudah untuk melihat lebih banyak hal saat kamu melakukan ini?

Kamu memiliki lebih banyak kemampuan untuk melihat perspektif lain dari sunia, pikiranmu masih ada,hanya saja tidak begitu dekat denganmu

Baca Juga: Kode Redeem FF 3 Oktober 2021 Terbaru: Segera Klaim dan Dapatkan SG 2 Ungu dan MP40 Cobra, Pilih Senjatamu!

6. Tentang Inner Crritic-mu. Pikiranmu tidak selalu benar. Mungkin kadang kamu berpikir bahwa kamu “tidak cukup baik” atau tidak cukup pantas karena pengalaman masa lalu dan keyakinan yang kamu pelajari.

Cobalah untuk menantang pikiran-pikiran ini dan membingkainyakembali menjadi lebih bermanfaat dengan mengevaluasi seberapa benar pikiranmu sebenarnya.

7. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menemukan bukti yang mendukung dan menentang pemikiran tersebut.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 3 Oktober 2021: Kesehatan 4 Zodiak Ini Diramal Prima, Scorpio Pentingkan Dirimu Dahulu

Hal penting yang dilakukan karena caramu berpikir menentukan bagaimana perasaanmu terhadap suatu situasi dan pada akhirnya berperilaku .

8. Melatih penerimaan. Biarkan dirimu mengakui setiap pikiran yang yang kamu miliki tanpa berusaha mengendalikan pikiran itu.

Akan sangat membantu jika kamu memberi nama pada pikiranmu. Ini bisa berupa nama karakter dalam buku atau film, nama yang dibuat-buat setiap kali kamu mengalami pikiran itu> Berlatihlah mengatakan dengan lantang.

Baca Juga: Kode Redeem ML 3 Oktober 2021: Segera Klaim dan Dapatkan Diamond, Double EXP dan Skin Gratis

Saat melakukan ini, kamu memandang pikiranmu sebagai sesuatu yang sementara dengan kendali yang lebih kecil atas dirimu.(Diana Azizah Nur/PPL)***

@meaningful.me

Photo : pixabay

 

Halaman:
1
2
3

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X