• Selasa, 30 November 2021

Whatsapp Instagram dan Facebook Down Bersamaan, Pengguna Protes

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 06:25 WIB
Instagram, WhatsApp dan Facebook down serentak sejak Senin 4 Oktober 2021 malam
Instagram, WhatsApp dan Facebook down serentak sejak Senin 4 Oktober 2021 malam
 
NEWSmedia - Aplikasi pesan Whatsapps, Instagram, dan Facebook down secara bersamaan pada Senin malam, 4 Oktober 2021.
 
Banyak pengguna dari ketiga aplikasi tersebut melaporkan masalah pada pengiriman pesan di WhatsApp, dan sulitnya akses pada Instagram dan Facebook.
 
Adanya kerusakan yang terjadi pada tiga aplikasi media sosial tersebut banyak dikeluhkan oleh penggunanya.
 
 
Bahkan laporan dari situs downdetector bukan hanya warga dari Indonesia, bahkan negara Singapura dan Malaysia juga mengeluhkan server ketiganya yang tidak dapat berfungsi.
 
Banyak pengguna WhatsApp, Instagram dan Facebook di sejumlah negara tidak bisa melakukan panggilan dan mengirim pesan atau chat padahal memiliki kuota internet.
 
Error-nya WhatsApp, Facebook dan Instagram saat ini belum diketahui penyebabnya. Gangguan WhatsApp, Instagram dan Facebook ini dengan segera langsung jadi trending topic di Twitter.
 
 
Sementara pihak facebook memberikan klarifikasi di akun twitternya atas masalah ini, dari situs facebook mereka membenarkan adanya ganggguan pada ketiganya.
 
 

 

Sementara akun Twitter milik Whatapps pun sudah menberikan jawaban atas masalah ini.
 
"Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin," ujar akun WhatsApp.

"Terima kasih atas kesabaran Anda!," Ujarnya

 
Di Twitter, nama Mark Zuckerberg, pemilik ketiga aplikasi tersebut pun ramai dicuitkan warganet di Twitter.
 
Menurut Downdetector, situs yang memantau layanan website atau aplikasi yang bermasalah di dunia, melaporkan bahwa pada senin malam trio Facebook, Instagram, dan WhatsApp memang banyak dilaporkan pengguna karena tak bisa diakses.
 
Sementara Newsmedia saat membuka aplikasi Instagram, muncul keterangan can't refresh feed dan layar terus berputar tanda sedang loading. Adapun aplikasi WhatsApp selalu gagal mengirim pesan.
 
Tidak diketahui apakah WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down karena ada maintenance internal, masalah dengan server pada ketiga platform tersebut atau layanan mereka diserang hacker.
 
Platform pesan instan raksasa media sosial WhatsApps juga down untuk lebih dari 22.000 pengguna, sementara messenger turun untuk hampir 3.000 pengguna.
 
WhatsApp juga menjadi trending di Twitter Inc, dengan lebih dari 850.000 tweet. Kicauan itu Twitter itu jelas merujuk pada fakta bahwa pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp berbondong-bondong beralih ke platform Twitter, sementara layanan milik Facebook, Instagram, WhatsApp down.
 
Diprediksi, platform seperti TikTok, YouTube, Discord, dan Telegram akan mengalami lonjakan trafik akibat Facebook, Instagram, WhatsApp down ini.
 
Tetapi Insinyur utama di perusahaan keamanan digital Netscout Roland Dobbins mengatakan Facebook kemungkinan butuh waktu untuk memulihkan layanan mereka secara bertahap.***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X