• Sabtu, 4 Desember 2021

7 Makanan Pencegah Penyakit Jantung, Salah Satunya Cokelat

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 19:27 WIB
Ilustrasi - Penyakit jantung (Pixabay/ Myriams-Fotos)
Ilustrasi - Penyakit jantung (Pixabay/ Myriams-Fotos)

NEWSmedia - Berikut 7 makanan yang dapat membantu Anda terhindar dari penyakit jantung dan salah satunya cokelat.

Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Bahkan setiap tahunnya, orang yang meninggal akibat penyakit ini mencapai sekitar 610.000 jiwa.

Penyebab penyakit jantung umumnya adalah penyumbatan pembuluh darah. Pembuluh darah ini dapat tersumbat oleh plak lemak yang mengandung kalsium, kolesterol dan zat lain yang beredar dalam darah.

Baca Juga: Jenis-jenis Kacang yang mengandung Banyak Omega 6 , Baik untuk Kesehatan Jantung

Dikutip NEWSmedia dari laman The Healthy, berikut 7 makanan yang dapat membantu Anda mencegah penyakit jantung :

1. Gandum
Sudah lebih dari 20 tahun sejak FDA menyetujui, bahwa salah satu manfaat dari biji-bijian ini adalah untuk kesehatan jantung.

2. Kacang polong
Kacang polong bisa membantu Anda terkena penyakit jantung karena antioksidan yang terkandung di dalam kacang ini sangat berlimpah, sehingga dapat melawan peradangan yang berkontribusi terhadap penyakit jantung.

Baca Juga: 6 Manfaat Tidak Makan Daging, Salah Satunya Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

3. Ikan
Makan ikan berlemak seperti salmon dan mackerel adalah salah satu cara untuk mendapatkan omega-3, walaupun banyak penelitian tentang asam lemak omega-3 ini berfokus pada kesehatan otak, tetapi anti-peradangan yang kuat ini juga bermanfaat untuk jantung Anda.

4. Alpukat
Penelitian mengungkapkan bahwa lemak tak jenuh tunggal dan ganda, seperti yang ditemukan dalam alpukat, dapat menyehatkan jantung karena membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, buah-buahan hijau ini juga mengandung serat dalam jumlah yang layak.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X