• Minggu, 22 Mei 2022

3 Cara Mengobati Cantengan, Ampuh dan Mudah Dilakukan di Rumah

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 11:30 WIB
Ilustrasi Tangan Cantengan
Ilustrasi Tangan Cantengan

NEWSmedia - Cantengan adalah tumbuhnya salah satu sisi kuku atau ujung kuku ke dalam daging di sekitar kuku. Kondisi ini ditandai dengan nyeri, bengkak, dan kemerahan di area sekitar kuku yang mengalami cantengan. Cantengan paling sering terjadi pada ibu jari kaki.

Cantengan merupakan kondisi yang umum terjadi. Umumnya, kondisi ini tidak berbahaya jika tidak ada penyakit gangguan aliran darah atau diabetes sebelumnya.

Cantengan menimbulkan nyeri, khususnya saat berjalan dan mengenakan sepatu. Bila dibiarkan atau penanganan yang dilakukan tidak tepat, bisa terjadi infeksi.

Baca Juga: Cara Membentuk Perut Six Pack yang Diimpikan Kaum Pria, Salah Satunya Menjaga Asupan Kalori

Obat cantengan ternyata bisa ditemukan pada bahan-bahan alami di rumah. Obat cantengan ini mampu mengatasi rasa nyeri akibat bakteri dan infeksi jamur yang serang kuku kaki atau tangan.

Obat cantengan alami ini mampu mengatasi rasa nyeri akibat bakteri dan infeksi jamur yang menyerang kuku kaki atau tangan.

Menggunakan obat alami cantengan juga membantu mengurangi peradangan dan mengeluarkan nanah pada kuku yang mengalami iritasi.

Baca Juga: Cara Mudah Mencegah Asam Lambung, Hindari Makanan Berlemak dan Gorengan

Berikut ini beberapa obat cantengan alami yang ampuh untuk mengatasi cantengan di jempol kaki dan tangan.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya ternyata dapat dijadikan obat cantengan alami pada kaki maupun tangan. Hal ini karerna lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang mampu melawan infeksi. Selain itu, di lidah buaya juga terdapat antioksidan polyphenol yang dapat mengurangi peradangan karena cantengan.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini