• Minggu, 16 Januari 2022

Apa Itu Doping? Tes yang Tak Dipatuhi Indonesia Hingga Kena Sanksi dari WADA

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 21:35 WIB
   Ilustrasi tes doping dilakukan dengan menggunakan sampel urin, darah, atau air mani. Tes yang tak dipatuhi Indonesia hingga kena sanksi dari WADA. (Foto: Pixabay/kropekk_pl)
  Ilustrasi tes doping dilakukan dengan menggunakan sampel urin, darah, atau air mani. Tes yang tak dipatuhi Indonesia hingga kena sanksi dari WADA. (Foto: Pixabay/kropekk_pl)

NEWSmedia– Pertanyaan mengenai tes doping ramai ditanyakan pasca dijatuhkannya sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA) kepada Indonesia karena dianggap tak mematuhi prosedur antidoping.

Tes doping merupakan hal yang umum terdengar dalam dunia olahraga. Namun masih banyak dari sebagian masyarakat yang tak mengerti apa artinya.

Lalu sebenarnya apa itu doping dalam dunia olahraga? Dan apa sanksi yang diberikan WADA terhadap Indonesia? Simak penjelasannya berikut.

Baca Juga: Himpunan Pengusaha Nahdliyin di Banten Tolak Konferwil di Mambruk, Minta Pengurus Pusat Cabut SK Caretaker

Sebagaimana yang disadur NEWSmedia dari Ensiklopedia, doping adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan berbagai tindakan terlarang atau tidak etis yang melibatkan penggunaan obat atau produk darah untuk meningkatkan kinerja atletik.

Tes doping merupakan pengujian yang sangat diteliti. Ilmu pegujian ini telah banyak dijadikan patokan oleh banyak organisasi olahraga professional dan lembaga atletik, di antaranya adalah; IOC, WADA, IAAF, dan FIBA.

Pengujian doping diadakan di banyak kejuaraan nasional olahraga besar di seluruh dunia. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah atlet melakukan kecurangan atau tidak.

Baca Juga: Sony Rilis Trailer Perdana Resident Evil: Welcome To Raccoon City, Berikut Sinopisnya

Doping atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang memang banyak dilakukan oleh beberapa atlit untuk meningkatkan kinerja agar lebih berenergi saat berkompetisi.

Doping juga banyak ditemui dalam bidang industri hiburan dengan alasan yang sama. Hal ini terbukti dari banyaknya artis atau pekerja dunia hiburan yang tertangkap karena penyalahgunaan narkoba.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X