• Selasa, 30 November 2021

Hari ini 10 Oktober Diperingati Sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia, Apa Tema Tahun ini?

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 14:30 WIB
Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia 2021
Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia 2021
NEWSmedia - Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia, diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Adanya peringatan ini tentu saja sebagai bentuk kepedulian dunia terhadap pentingnya menjaga kesehatan mental manusia. 
 
Selain fisik yang kuat, mental yang sehat juga menjadi salah satu kunci keberhasilan menjalankan aktivitas. Pentingnya menjaga kesehatan mental membuat berbagai ilmu dan ahli mengusung dan menjunjung hari peringatan Kesehatan Mental Sedunia sebagai hari yang bermakna.
 
Banyak ilmu yang mengkaji tentang bagaimana cara penyembuhan penyakit mental pada manusia, begitupun para ahli yang mendongkrak penemuan baru tentang mental atau psikologi manusia.
 
 
Secara sederhana, kesehatan mental adalah upaya tubuh demi menjaga dan mempertahankan kekuatan mental yang di dalamnya pikiran dan hati untuk tetap bekerja secara normal dan berpikir secara positif. 
 
Tema-tema kesehatan mental dari tahun ke tahun  juga mengusung banyak isu mental yang sedang berkembang atau sedang menjangkit manusia di dunia.
 
Dikutip NEWSmedia dari laman Promkes Kemenkes tema Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun ini adalah “Mental Health In An Unequal World” atau "Kesetaraan Dalam Kesehatan Jiwa Untuk Semua". 
 
 
Di masa pandemi Covid-19, kesehatan mental tentu sangat terdampak. Hal ini karena situasi asing yang akhirnya menjadi kebiasaan ini mungkin mempengaruhi cara bekerja otak.
 
Keadaan yang tidak biasa membuat orang-orang merasa kehidupannya berbeda dan berubah menjadi tidak mudah. 
 
Lalu bagaimana sejarah Hari Kesehatan Mental lahir pertama kali? 
Hari kesehatan mental pertama kali diperingati pada 10 Oktober 1992 dan diperingati pada setiap tahun.
 
 
Dikutip NEWSmedia laman Word Federation For Mental Health (WFMH) peringatan ini diinisiasi oleh Richard Hunter yang merupakan seorang sekretaris jenderal WFMH
 
Dalam peringatannya hari kesehatan mental umumnya memiliki tujuan yaitu untuk mengkampanyekan advokasi kesehatan mental dan mendidik masyarakat tentang isu-isu kesehatan mental dan jiwa yang relevan. 
 
Pada 3 tahun pertama program WFMH adalah menghadiri program-program yang mengusut tema tentang kesehatan mental dan dihadiri oleh beberapa perwakilan negara dan pertama kali diadakan dalam sistem satelit agen informasi AS dari Talahasse, Florida.
 
Selain itu hari kesehatan mental juga menjadi salah satu momentum bagi organisasi, kelompok dan individu untuk meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan mental baik pribadi maupun untuk sesama.
 
 
Peringatan hari kesehatan mental juga biasanya diperingati lebih dari satu hari dengan cara menggelar kegiatan-kegiatan yang bisa membangun dan mendorong kesehatan mental salah satunya merujuk pada edukasi kesehatan mental.
 
Itulah Sejarah, tujuan serta tema Peringatan Kesehatan Mental yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Fisik yang kuat, mental yang sehat***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X