• Rabu, 1 Desember 2021

Ternyata Ada 3 Ghibah yang Diperbolehkan Kata Ustad Abdul Somad, Apa Saja Sih?

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 16:30 WIB
Ilustrasi Gosip atau Ghibah (pexels.com/Keira Burton)
Ilustrasi Gosip atau Ghibah (pexels.com/Keira Burton)

NEWSmedia – Setiap agama pasti mengajarkan pada kebaikan, menggunjing atau membicarakan keburukan orang lain (ghibah) adalah perbuatan yang dilarang dalam setiap agama, termasuk Islam.

Ustadz Abdul Somad, ulama berdarah Melayu yang populer dengan sebutan UAS, mengunggah video ceramah bertema animasi dirinya dengan seseorang di akun instagram pribadinya @ustadzabdulsomad_official.

Dalam video berdurasi 59 detik tersebut, beliau menjelaskan tentang 3 macam ghibah yang diperbolehkan dalam Islam.

Baca Juga: Masih Sakit Hati, Marissa Haque Sebut Feni Rose Makan Uang Hasil Ghibah

Sudah tidak asing di telinga kita, bahwa ghibah adalah membicarakan keburukan atau aib orang lain yang keberadaannya tidak ada di antara orang yang menggunjingnya.

Jika pembicaraan itu salah, maka disebut fitnah. Namun apabila pembicaraan tersebut terbukti benar adanya, maka disebut ghibah.

Menggunjing atau ghibah dalam Islam diibaratkan dengan memakan daging saudaranya sendiri. Hal ini tertulis dalam QS. Al-Hujurat ayat 12, yang artinya:

“Dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Dalam sebuah hadits diriwayatkan Ahmad dari Jabir bin Abdullah, mereka pernah bersama Nabi, kemudian tercium bau busuk yang tidak mengenakkan.

Baca Juga: Apakah Potong Rambut dan Menggunting Kuku Saat Haid Boleh? Berikut Penjelasan UAS

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X