• Senin, 29 November 2021

6 Fakta dan Mitos Soal Kesehatan, Diantaranya Mandi Malam Bikin Rematik

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:50 WIB
Ilustrasi kerokan salah satu mitos yang masih dipercaya (Ist)
Ilustrasi kerokan salah satu mitos yang masih dipercaya (Ist)

NEWSmedia - Sebagai orang Indonesia kita pasti sudah sering mendengar atau mengalami sendiri tentang 6 kebiasaan yang berhubungan dengan kesehatan yang akan kita bahas ini.

Pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena sudah turun temurun beredar di lingkungan masyarakat kita, bahkan mitos ini menjadi suatu kepercayaan disebagian masyarakat jika hal itu dianggap benar.

Padahal secara medis atau ilmiah kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat ini tidak bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah

Baca Juga: Menguak Fakta di Balik Mitos soal Menstruasi

Berikut ada 6 kebiasaan orang Indonesia yang ternyata salah secara medis, diantaranya: 

  1. Memakai baju tebal saat deman

Fakta: Pakaian tebal/ selimut akan menaikan suhu tubuh. Suhu yang sangat tinggi (39 derajat atau lebih) pada anak-anak bisa menyebabkan kejang-kejang. Disarankan untuk mengenakan pakalan tipis meskipun tubuh terasa dingin.

  1. Kalau demam tidak Boleh mandi

Fakta: Dengan mandi ketika demam dapat menurunkan suhu tubuh yg sedang meningkat. Tetapi, kalau demam disertai dengan rasa menggigil, mandi dengan air hangat akan lebih baik atau kompres dengan air hangat

     3.Mandi malam hari bisa menyebabkan Rematik

Fakta: Hal ini tidak benar. Kalau kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan memerlukan mandi untuk kebersihan, tdk ada masalah mesdkipun mandi malam hari. Tetapi pada penderita rematik, dianjurkan mandi dengan air hangat.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Lampor, Keranda Terbang yang Dianggap Bahaya oleh Masyarakat Jawa

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X