• Senin, 25 Oktober 2021

7 Resiko Jika Makan Daging Berlebihan, Satu Diantaranya Gangguan Penglihatan

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 14:30 WIB
Ilustrasi Sepotong Daging (Pixabay.com/tomwieden)
Ilustrasi Sepotong Daging (Pixabay.com/tomwieden)

NEWSmedia - Bagi kebanyakan orang, makan daging dalam jumlah sedang sebagai bagian dari diet seimbang bisa menyehatkan. Namun, terlalu banyak daging, terutama daging merah dan daging olahan yang tinggi lemak, dapat menyebabkan efek samping yang tidak nyaman serta risiko kesehatan jangka panjang.

Pada dasarnya, daging tidak memiliki kandungan serat dan nutrisi yang bisa melindungi tubuh secara keseluruhan.

Daging mengandung protein hewani, lemak jenuh, dan dalam beberapa kasus senyawa karsinogenik seperti amina heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH). Senyawa berbahaya tersebut terbentuk selama proses pengolahannya.

Baca Juga: 6 Manfaat Tidak Makan Daging, Salah Satunya Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

HCA contohnya, terbentuk saat daging dimasak pada suhu tinggi. Sedangkan PAH terbentuk saat pembakaran zat organik pada daging, yang mana keduanya diyakini dapat meningkatkan risiko kanker.

Selain itu, kandungan lemak daging dapat meningkatkan produksi hormon, sehingga meningkatkan risiko kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Baca Juga: Resep Steak Daging Kambing Praktis dan Empuk

Di bawah ini beberapa dampak secara langsung maupun tidak langsung akibat kebanyakan makan daging :

  1. Dehidrasi

Menurut penelitian dari University of Connecticut, terlalu banyak makan daging dapat menyebabkan dehidrasi. Hal ini dikarenakan protein tinggi menyebabkan ginjal memproduksi urine yang lebih pekat. Dehidrasi bisa menyebabkan kulit menjadi kering, nafsu makan bertambah, sakit kepala, dan tubuh mudah lemas.

  1. Bau badan

Menurut studi yang dipublikasi di jurnal Chemical Senses menunjukkan bahwa orang yang tidak memakan daging memiliki bau badan yang lebih baik daripada orang yang terlalu banyak memakan daging.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X