• Senin, 25 Oktober 2021

RSUD Banten Luncurkan Kateterisasi Jantung

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:56 WIB
Kateterisasi Jantung yang diluncurkan di RSUD Banten. (Dok/Pemprov Banten)
Kateterisasi Jantung yang diluncurkan di RSUD Banten. (Dok/Pemprov Banten)

NEWSmedia - Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Wahidin Halim dan Andika Hazrumy komitmen memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal itu antara lain ditunjukan dengan pembenahan dan peningkatan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  yang menjadi kewenangan Pemprov Banten.

Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, penyediaan dan peningkatan pelayanan kesehatan menjadi salah satu target pembangunan pada periode kepemimpinannya.

Baca Juga: Mau Kuliah di Cambridge Inggris Secara Gratis? Coba Beasiswa Bill Gates Ini

"Kami terus berkomitmen menyediakan dan meningkatkan pelayanan kesehatan. Bagi daerah yang jauh dari jangkauan RSUD, kita bangun, supaya pelayanan semakin dekat. Dan pelayanan di RSUD yang sudah ada, kita tingkatkan," ujar Gubernur Banten.

Salah satu upaya peningkatan pelayanan RSUD adalah peluncuran Kateterisasi Jantung di RSUD Banten.  Peluncuran Kateterisasi Jantung dilakukan bersamaan dengan peringatan sewindu berdirinya UPT RSUD Banten.

Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Banten, Ati Pramudji Hastuti mengatakan, kateterisasi jantung dilakukan untuk mendiagnosis dan mengobati berbagai masalah pada jantung.

Gubernur Banten Wahidin Halim berbincang dengan salah satu pasien RSUD Banten. (Dok/Pemprov Banten)
"Prosedur ini aman dilakukan dan jarang menimbulkan komplikasi. Meski demikian, ada beberapa risiko yang dapat terjadi akibat kateterisasi jantung," kata Ati.

Menurut Ati, kateterisasi jantung adalah prosedur yang dilakukan dengan cara memasukkan selang panjang atau kateter ke dalam pembuluh darah yang kemudian diarahkan ke jantung. Metode pemeriksaan dan pengobatan ini dilakukan oleh dokter spesialis jantung konsultan kardiologi intervensi.

"Pelayanan perdana kateterisasi dilakukan pada Selasa tanggal 28 September 2021 berupa angiografi diagnostik pada tiga orang pasien," katanya.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RSUD Banten Luncurkan Kateterisasi Jantung

Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:56 WIB
X