• Senin, 18 Oktober 2021

4 Hal yang Pantang Dilakukan Agar Terhindari dari Usus Buntu, Menahan Kentut Salah Satunya

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:30 WIB
Ilustrasi: Usus buntu, penyakit yang disebabkan akibat kebiasaan buruk
Ilustrasi: Usus buntu, penyakit yang disebabkan akibat kebiasaan buruk

NEWSmedia - Pernahkah Anda mengalami gejala seperti sakit perut yang menjalar dari atas pusar ke perut bagian kanan bawah, mual, muntah, demam ringan, perut kembung, bahkan nyeri saat menyentuh perut?

Jika Anda memiliki satu atau lebih gejala dan berlangsung lama, jangan meremehkan kondisi Anda. 

Beberapa gejala ini mungkin merupakan tanda-tanda radang usus buntu atau radang usus buntu. Gangguan ini diketahui disebabkan oleh beberapa kebiasaan, yang sering dianggap sepele tetapi dilakukan secara rutin. 

Baca Juga: Bakteri Pada Radang Gusi Bisa Picu Kanker Usus dan Kanker Paru

Oleh karena itu, ada baiknya mengetahui beberapa kebiasaan ini untuk mencegah radang usus buntu di kemudian hari.

Selain itu, usus buntu juga kerap disebut sebagai penyakit akibat gaya hidup yang kurang sehat saat mengonsumsi makanan. Berikut ini kebiasaan sepele yang dapat sebabkan radang usus buntu, antara lain: 

  1. Konsumsi gorengan

Gorengan itu memang banyak penggemarnya. Namun sayang, kandungan lemak jenuhnya tinggi sehingga memicu terkena usus buntu & kolesterol. Maka usahakan tidak sering makan gorengan.

Baca Juga: 6 Gejala Kanker Usus yang Wajib Tahu

  1. Konsumsi makanan yang dibakar

Jenis makanan yg dibakar itu memicu timbulnya zat karsinogen yg mengakitkan penyakit kanker. Tidak hanya itu saja ternyata gorengan memicu usus buntu.

  1. Sering menahan ketut

Secara alami sistem pencernaan mengahsilkan gas alami yaitu kentut. Kentut itu mengandung bakteri. Oleh karena itu kentut harus dibuang. Kalau kentut sering ditahan dalam perut, maka gas kentut itu bisa mengikis dinding usus. Hingga akhirnya berisiko peradangan pada usus buntu.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X