• Senin, 18 Oktober 2021

dr. Sungadi Santoso Ungkap 7 Penyebab Bibir Terlihat Hitam, Berikut Cara Mengatasinya

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:46 WIB
Ilustrasi (Pixabay/ kaboompics)
Ilustrasi (Pixabay/ kaboompics)

NEWSmedia - Dokter Sungadi Santoso mengungkapkan tujuh penyebab bibir seseorang terlihat menjadi hitam, salah satunya akibat penggunaan skincare yang sudah kadaluarsa.

Bibir merupakan bagian tubuh yang memiliki daya tariknya tersendiri. Jadi tidak heran orang-orang berlomba untuk perawatan memperindah bibirnya. Namun, masalah yang kerap terjadi adalah bibir menjadi terlihat hitam.

Bibir hitam seringkali jadi masalah serius, terutama bagi perempuan yang mana hal tersebut dapat mengurangi rasa percaya dirinya. Dan hasilnya, mereka akan selalu memakai lipstik untuk menutupi bibir hitam tersebut.

Baca Juga: Bahayanya Memelihara Kuku Panjang Bagi Kesehatan, Bisa Melukai Hingga Tertular Virus Corona

Dikutip NEWSmedia dari YouTube SB30 Health, berikut penjelasan dr. Sungadi Santoso mengenai penyebab bibir hitam:

1. Faktor genetik
Faktor genetik ini karena diturunkan dari orang tua, ayah, ibu,kakek, nenek, yangmana akhirnya jika seperti ini. Dan hal ini sudah terjadi secara alamiah.

2. Terpapar sinar matahari terlalu lama
Jika kamu terlalu sering berada di bawah terik matahari yang terlalu lama, maka kulit akan menghasilkan pigmen melanin, yang mana hal itu yang dapat merubah bibir hitam.

Baca Juga: 4 Hal yang Pantang Dilakukan Agar Terhindari dari Usus Buntu, Menahan Kentut Salah Satunya

3. Penggunaan produk kosmetik atau skincare yang sudah kadaluarsa
Penggunaan kosmetik atau skincare yang sudah kadaluarsa juga bisa membuat bibir kamu menghitam atau terlihat gelap, hal itu karena produk yang kamu gunakan mungkin tidak cocok dengan kulit kamu, sebab pada dasarnya, jenis kulit seseorang memang berbeda-beda.

4. Merokok
Salah satu faktor resiko dari merokok adalah membuat bibir hitam. Kenapa merokok dapat menyebabkan bibir menjadi hitam? Ini dikaitkan dengan kandungan yang ada di dalam rokok seperti tar dan nikotin. Walaupun tidak semuanya, pasti ada beberapa yang rusak karena suhu rokok yang panas.

5. Faktor hormonal
Misalnya pada mereka yang sedang menstruasi, kemudian ibu hamil, biasanya warna bibirnya akan lebih gelap dibandingkan mereka yang waktu masih gadis. Kemudian terjadi pada wanita menopause terjadi perubahan hormonal, di mana kadar estrogen mulai menurun.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X