• Senin, 23 Mei 2022

Kata Ustaz Adi Hidayat Kalimat Assalamualaikum Boleh Disingkat untuk Bersosmed, Simak Penjelasannya!

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 08:00 WIB
Ustaz Adi HIdayat. (Foto: Instagram @ustadzadihidayat_lc)
Ustaz Adi HIdayat. (Foto: Instagram @ustadzadihidayat_lc)

NEWSmedia -  Kaliat Assalamualaikum adalah doa bagi orang yang mengucapkan maupun yang mendengarnya. Mengucapkan salam juga merupakan sebuah perintah dari Allah SWT.

Biasanya salam diucapkan ketika memulai atau menyudahi sebuah percakapan, atau hanya sekedar berpapasan dengan seorang muslim.

Tapi seiring berkembangnya zaman, terdapat banyak sekali singkatan salam ketika akan memulai percakapan. Salah satunya adalah di media sosial WhatsApp karena ingin mempersingkat ketikan.

Baca Juga: Polres Jakarta Pusat Tangkap Direktur TV Swasta, Diduga Terkait Penyebaran Hoax

Lantas, apakah boleh menyingkat kalimat Assalamualaikum? Ustaz Adi Hidayat memperbolehkannya untuk memudahkan percakapan dalam bermediasosial (bersosmed). Namun tetap harus tahu caranya.

Berikut penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat (UAH) dalam kanal Youtube-nya.

“Disingkat boleh, di dalam bahasa Arab ada singkatan, bahkan di dalam bahasa syariat itu ada singkatan. Jadi tidak semua bahasa Arab itu mencakup makna umum dan ada yang bahasa syariat,” ujar UAH.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 15 Oktober 2021: Karir Sagitarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces Diramal Menyenangkan

“Bahasa syariat itu yang disampaikan ke dalam bahasa Arab, cuman dengan terminologi keislaman, bukan bahasa pada ummumnya. Seperti iman, takwa, itu bahasa syariat dalam islam,” kata UAH lagi.

Kalimat Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu, jika ingin disingkat dengan menggunakan diksi satu kalimat, itu bisa disingkat dengan kata salam.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini