• Senin, 29 November 2021

4 Gejala Kanker Payudara yang Sering Diabaikan, Tak Selalu Muncul Benjolan

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:45 WIB
Ilustrasi Kanker Payudara. (Pixabay.com/marijana1)
Ilustrasi Kanker Payudara. (Pixabay.com/marijana1)

NEWSmedia - Kanker payudara adalah penyakit paling umum yang menyerang wanita di seluruh dunia. Jumlah kasus penyakit terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Parahnya lagi, banyak wanita yang tidak menyadari gejala kanker payudara sejak dini, sehingga jika stadiumnya sudah parah, sudah terlambat untuk memeriksakan diri ke dokter

Kanker payudara adalah penyakit yang menyerang jaringan payudara dan lingkungannya. Kebanyakan wanita hanya mengetahui bahwa kanker payudara ditandai dengan adanya benjolan di dekat ketiak. 

Baca Juga: 4 Makanan Terbaik Jauhkan Kanker Payudara Dari Hidupmu

Padahal, masih banyak gejala lain yang menandai perkembangan kanker payudara. Gejala biasanya ditunjukkan oleh berikut:

  1. Munculnya benjolan di payudara

Benjolan pada payudara merupakan salah satu pertanda awal munculnya kanker payudara. Benjolan ini tidak selalu terasa sakit. Meski demikian, tidak semua benjolan yang muncul pada payudara bersifat kanker. Benjolan ini dapat teraba saat Anda melakukan pemeriksaan pribadi di rumah.

  1. Warna kulit payudara berubah

Perubahan warna ini terkadang disalahartikan dengan infeksi. Padahal, jika Anda tidak yakin dengan benjolan yang muncul di dalam payudara, perubahan warna kulit sudah cukup untuk membuat anda lebih waspada.

Baca Juga: Cara Mudah Cegah Kanker Payudara

  1. Puting terasa sakit

Ciri-ciri dari kanker payudara stadium 1 lainnya adalah dengan munculnya perubahan pada bagian puting disertai rasa nyeri. Mungkin juga keluar cairan tidak normal dari puting atau puting melesak ke dalam.

Baca Juga: Pahami, Mitos dan Fakta Seputar Kanker Payudara

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X