• Senin, 29 November 2021

Ini Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung dan 4 Tips Mencegahnya

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:30 WIB
Jerawat Punggung (Rawpixel)
Jerawat Punggung (Rawpixel)

NEWSmedia -  Jerawat adalah masalah umum yang tidak pernah ada habisnya. Jerawat tidak hanya muncul di wajah kita, melainkan bisa muncul di punggung juga loh.

Bagaimana jerawat itu bisa muncul di punggung? Alasannya adalah karena di kulit kita ada yang namanya kelenjar sebum atau kelenjar minyak.  

Karena kalau suhu tubuh kita panas tubuh kita akan memproduksi cairan dari keringat. Ternyata selain keringat muncul juga lemak yang keluar dari tubuh yang dinamakan sebum. Jadi ada lemak di sana yang dikeluarkan seperti minyak namanya sebum.

Jika sebum ini tidak segera diberishkan dengan mandi yang dilakukan setap hari maka akan timbul jerawat dipunggung.

Baca Juga: 5 Jenis Jerawat dan Cara Penanganannya, Ada yang Bisa Sembuh Tanpa Pakai Obat

Inilah yang merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Jadi ada beberapa hal yang menyebabkan kita mudah terserang jerawat  dipunggung yaitu peningkatan produksi sebum, kulit mati dan juga adanya bakteri yang menyebabkan iritasi dan peradangan.

Dalam kulit manusia yang terdiri lapisan paling atas namanya keratin. Ketika lapisan yang paling bawah ini beregenerasi baru tumbuh ke atas, akhirnya lapisan paling atas ini akan lepas atau yang biasa disebut dengan kulit mati.

Baca Juga: 4 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Murah dan Paling Mudah dengan Bahan-bahan Alami

Terkadang pelepasan ini tidak sempurna dan malah di akan menyumbat di pori-pori. Jadi ketika kelenjar minyak ini mau keluar minyaknya tidak bisa terhambat menutupi pori-pori, dan itulah yang menyebabkan jerawat.

Kemudian ada yang namanya kolonisasi dari bakteri propionibacterium acnes, atau bakteri penyebab jerawat.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X