• Senin, 29 November 2021

Miracle of Al-Quran, Ustadz Hanan Attaki: Keistimewaan Surat Al-Ashr Sebagai Kunci Sukses Kehidupan

- Senin, 18 Oktober 2021 | 19:37 WIB
Ustaz Hanan Attaki.
Ustaz Hanan Attaki.

NEWSmedia – Setiap surat dalam Al-Quran memiliki keistimewaan, keajaiban dan keutamaan. Surat Al-Ashr yang merupakan surat ke-103 adalah salah satunya.

Surat Al-Ashr  yang memiliki 3 ayat merupakan salah satu surat yang paling istimewa dalam Al-Quran.

Saking istimewanya, Surat Al-Ashr dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk digunakan sebagai penutup obrolan.

“Apabila bertemu dengan saudara maupun teman kita, kemudian duduk ngobrol dengan mereka, baik itu ngobrol tentang agama maupun urusan dunia, lalu setelah selesainya dalam obrolan tersebut dan kita ingin bubar, maka Nabi mencontohkan sebuah sunnah, menutup obrolan kita dengan Surah Al-Ashr,” ungkap Ustadz Hanan Attaki dikutip NEWSmedia dari kanal Youtubenya.

Baca Juga: Contoh Susunan Acara dan Teks MC Maulid Nabi Muhammad SAW, Dilengkapi dengan Lafal Indonesia

Ustadz Hanan Attaki menjelaskan mengapa dianjurkan agar menutup obrolan dengan Surat Al-Ashr, karena surat itu merupakan pengingat kita semua tentang banyaknya waktu yang kita habiskan dalam obrolan tersebut, mungkin hanya sia-sia.

“Tanpa kita sadari juga mungkin dalam obrolan, sempat membicarakan aib orang lain, berdusta secara tidak sengaja, bercanda dengan berlebihan, ataupun lalai dalam obrolan yang tidak bermanfaat,” ujarnya.

Maka Surah Al-Ashr sebagai pengingat untuk memperbaiki semua obrolan dengan mengucapkan istighfar. Surat Al-Ashr menjadi pengingat, menjadi nasihat yang sangat berharga, untuk mengisi hari-hari, waktu dan hidup kita.

Sebagaimana Firman Allah Swt, bahwa sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian, yaitu manusia yang menghabiskan hidup dan tenaganya untuk hal yang sia-sia.

Baca Juga: 4 Bahaya Main Ponsel Hingga Larut Malam, Rentan Penyakit Hingga Kehilangan Memori

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X