• Selasa, 30 November 2021

Pernah Merasakan Gatal-gatal Saat Olahraga? Ini Beberapa Penyebabnya

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 06:45 WIB
Ilustrasi Olahraga. (Foto: Goodfon)
Ilustrasi Olahraga. (Foto: Goodfon)

NEWSmedia - Sebagian orang sering merasakan gatal di area-area tertentu saat sedang melakukan aktivitas olahraga. Ada yang gatal dengan kadar ringan, ada juga yang tidak tertahankan.

Aktivitas olahraga tentu membuat badan menjadi bugar. Akan tetapi beberapa orang justru merasakan tidak nyaman saat sedang berolahraga dan mengalami gatal-gatal.

Kondisi itu disebabkan karena beberapa hal:

1. Peningkatan aliran darah

Pada sebagian besar kasus, rasa gatal ini  bisa terjadi akibat meningkatnya aliran darah saat berolahraga. Hal ini umumnya terjadi apabila Anda jarang olahraga sebelumnya.

Olahraga dapat meningkatkan detak jantung dan aliran darah. Setelah itu, jantung akan mengirimkan lebih banyak darah dan oksigen ke bagian otot yang bekerja.

Akibatnya, pembuluh darah kapiler yang tadinya sempit kini melebar dan merangsang sel-sel saraf tubuh untuk memunculkan sensasi gatal. Gejala ini akan hilang dalam beberapa hari setelah olahraga.

Jika jarang olahraga, pastikan untuk Anda membiasakan dengan olahraga ringan terlebih dahulu, seperti berjalan santai.

2. Pelepasan histamin

Sebuah studi dalam Exercise and Sport Sciences Reviews menyebutkan olahraga dapat meningkatkan pelepasan histamin dalam tubuh untuk melebarkan pembuluh darah.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X