• Selasa, 30 November 2021

Pernah Melihat Perubahan Pada Kuku? Ini 4 Penyebabnya Diantaranya Akibat Penggunaan Kosmetik Hingga Jamur

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 07:30 WIB
Ilustrasi Kuku Rusak  (pixabay)
Ilustrasi Kuku Rusak (pixabay)

NEWSmedia - Menurut American Academy of Dermatology (AAD) kuku bisa menjadi indikator kesehatan seseorang.  Bentuk, tekstur, dan warna rupanya berkaitan dengan beberapa kondisi kesehatan tertentu. 

Perubahan pada kuku, seperti perubahan warna atau penebalan, dapat menandakan masalah kesehatan dari mulai penyakit hati dan ginjal, jantungdan paru-paru, anemia, bahkan diabetes.

Cara pengecekan kuku dianggap cukup simpel dan mudah, mengingat bagian tubuh ini berada di luar.

Baca Juga: Bahayanya Memelihara Kuku Panjang Bagi Kesehatan, Bisa Melukai Hingga Tertular Virus Corona

  1. Kuku Kuning

Kuku yang nampak berwarna kuning memang bisa jadi karena faktor usia, penggunaan kuku akrilik atau cat kuku. Namun bila kuku kuning ini dikuti kondisi kuku lebih tebal, rapuh. dan kuning. infeksi jamur bisa menjadi penyebabnya. Pada beberapa kasus. kuku kuning juga terkait dengan penyakit tiroid, diabetes. psoriasis, atau penyakit pernapasan seperti bronkitis kronis.

  1. Kuku Kering, Retak dan Rapuh

Banyak aktivitas dengoan air sering menggunakan penghapus cat kuku maupun terpapar bahan kimia (seperti produk pembersih), atau tinggal di suatu wilayah dengan kelembaban rendah juga bisa menjadi penyebab.

Namun kondisi kuku retak dan pecah juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur atau penyakit tiroid, khususnya hipotiroidisme. Kuku yang rapuh juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin A dan C atau vitamin B biotin.

Baca Juga: Waspada, Kuku Menghitam Bisa Jadi Gejala Kanker

  1. Clubbing

Clubbing menggambarkan kondisi kuku ketika ujung jari menjadi membesar dan kuku menjadi melengkung ke bawah. Kondisi ini bisa menjadi tanda oksigen rendah dalam darah & berhubungan dengan penyakit paru-paru. Clubbing juga dapat dikaitkan dengan penyakit hati atau ginjal penyakit jantung. penyakit radang usus, bahkan AIDS. 

  1. Bintik Putih

Bintik-bintik putih kecil di kuku biasanya merupakan hasil dari trauma kuku. Bila segera hilang. tak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun bila tak kunjung hilang bisa jadi disebabkan oleh infeksi jamur.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X