• Selasa, 30 November 2021

4 Ciri Buta Warna yang Sering Dialami, Sebagian Besar Menimpa Kaum Pria

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:30 WIB
Ilsutrasi salah satu bahan untuk mengetahui penyakit buta warna
Ilsutrasi salah satu bahan untuk mengetahui penyakit buta warna

NEWSmedia - Orang yang buta warna akan menginterpretasikan warna berbeda dengan orang pada umumnya. Buta warna yang paling sering adalah buta sebagian (parsial) terutama warna merah dan hijau.

Kelainan ini paling sering dialami oleh laki laki daripada perempuan. Penderita buta warna sulit membedakan warna, kecerahan warna, dan bayangan warna.

Penderita biasanya tidak menyadari Jika mengalami buta warna karena sudah terbiasa dengan persepsi warna yang diketahuinya sejak masih kecil.

Baca Juga: Apa itu Fotofobia? Sakit Mata Saat Melihat Cahaya, Kedutan jadi Salah Satu Gejalanya

Berikut sejumlah penyakit buta warna berdasarkan persepsi warna yang dilihatnya:

  1. Deuteranomalia

Orang yang menderita ini akan kesulitan melihat warna merah-hijau. Hal ini penyebabnya karena tidak ada se-sel kerucut hijau yang berkerja. Sehingga penderita cenderung melihat hijau sebagai krem dan merah sebagai kuning kecoklatan

  1. Protanomia

Penderita Protanomia akan sulit membedakan warna merah dan kuning. Penyebab dari Protanopia adalah sel-sel kerucut warna merah tidak bekerja.

Akibatnya adalah warna merah terlihat hitam dan warna kuning, orange dan hijau akan tampak sebagai warna kuning dalam mata penderita Protanopia.

Baca Juga: Simpel dan Mudah, Tapi Banyak yang Belum Tahu: 3 Bahan Alami Ini Bisa Menyehatkan dan Menjernihkan Mata

  1. Tritanomia

Orang yang menderita ini akan melihat warna merah jamb dan hijau. Kedua warna itulah yang dominan tertangkap oleh mata mereka. Hal ini terjadi karena kurang atau tidak bekerjanya sel-sel kerucut warna biru.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X