• Selasa, 30 November 2021

5 Manfaat Berjemur Pagi Hari, Menghilangkan Penyakit Kulit Hingga Meningkatan Kekebalan Tubuh

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 11:25 WIB
Berjemur adalah salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan tulang Anda.  (Pixabay/TerriC)
Berjemur adalah salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan tulang Anda. (Pixabay/TerriC)

NEWSmedia - Berjemur dipagi hari merupakan waktu yang paling tepat di bawah sinar matahari langsung. Saat pagi harilah sinar matahari masih belum terik sehingga bisa mendapatkan manfaat gratis kesehatan alami dengan berjemur.

Hasil penelitian menyebutkan sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. 

Sementara Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. 

Baca Juga: 6 Manfaat Bayam Merah yang Harus Diketahui, Salah Satunya dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Untuk itu Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 dan dilakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu. Manfaatnya apa saja sih berjemur itu?

 

Berikut adalah 5 manfaat berjemur yang baik untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Meningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin D yang terbentuk akibat paparan sinar matahari dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh dan melawan penyakit, seperti penyakit jantung, multiple sclerosis, beberapa jenis penyakit autoimun dan kanker, serta flu.

Bukan tidak mungkin bila rutin berjemur di bawah sinar matahari setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita akan terhindar dari virus corona covid-19.

  1. Memperkuat Kesehatan Tulang

Manfaat berjemur di bawah sinar matahari yang paling dikenal adalah meningkatkan kesehatan tulang. Ya, seperti yang sudah diketahui bahwa vitamin D berfungsi untuk merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat memperkuat tulang.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X