• Selasa, 30 November 2021

Ternyata Kurang Tidur Dapat Mempengaruhi Otak Kita, Begini Penjelasan dr. Sungadi Santoso

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 07:12 WIB
Ilustrasi kurang tidur. (Pexels)
Ilustrasi kurang tidur. (Pexels)

NEWSmediaSetiap hari kita membutuhkan yang namanya istirahat. Manusia membutuhkan tidur kurang lebih sekitar 8 jam setiap harinya untuk memulihkan kondisi otak dan tubuh kita. Namun terkadang, banyak dari kita yang kurang tidur.

Banyak juga orang yang mempunyai masalah susah tidur. Ada  yang masih berjuang untuk tidur,ketika sudah masuk kamar jam 9, tapi jam 2 pagi masih bolak-balik tidak bisa tidur. 

Jadi apa efeknya kalau kita kurang tidur terhadap kesehatan otak kita ?

Sebelum kita memulai belajar, kitapun perlu tidur. Jadi buat kamu yang masih masa sekolah, kuliah, kamu perlu tidur yang cukup di malam hari untuk persiapan besok kamu belajar. Itu diibaratkan, otak kita seperti sponge yang kering yang dipersiapkan untuk menyerap air. 

Baca Juga: Ternyata Tidur Siang Hanya 1 Jam Bisa Menambah Kecerdasan Otak Anak, Simak Ulasan Sejumlah Pakar

Jadi kalau kita tidak tidur cukup, maka ketika guru atau dosen kita menjelaskan, mungkin ada yang bilang “masuk kiri keluar kanan”. Atau kita tidak akan mengingat apa yang dosen atau guru kita jelaskan. 

Hal ini terjadi karena kurang tidur di malam harinya. Ada sebuah tips yang diberikan oleh dr.Sungadi Santoso salah seotrag ahli. “ jadi ketika anda sekarang sedang belajar ataupun kerjaan anda di kantor yang membutuhkan kerja otak atau berpikir yang berat. Cobalah malam tidur yang cukup, dan setelah pulang dari sekolah setelah banyak informasi yang anda dapatkan, anda segera tidur”.

Baca Juga: 5 Tips Agar Badan Tetap Bugar Meski Tidur Hanya Sebentar

Jika kita mengubah pola pikir yang seperti ini, siapa tahu nilai kita menjadi jauh berubah lebih baik, begitu juga dengan pekerjaan kita di kantor. Tapi dengan catatan kalau di sekolah kita mendengarkan apa yang guru kita ajarkan dan bukan main game di ponsel. 

Memori jangka pendek atau informasi yang kita dapatkan tadi akan tersimpan dimana?

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X