• Selasa, 30 November 2021

Ternyata Tidak Semua Olahraga Mampu Membakar Lemak, Begini Penjelasannya

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:30 WIB
Ilustrasi olahraga. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi olahraga. (Foto: Pixabay)

NEWSmedia – Olahraga tidak melulu harus ke pusat kebugaran atau ke gym juga. Ada banyak bentuk olahraga yang juga bisa membakar lemak yang ada pada tubuh kita juga loh. 

Lantas olahraga atau Latihan apa yang bisa menguras atau membakar lemak ?

Secara umum, pola latihan dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah LISS (low intensity steady state) dan yang kedua adalah HIIT (high intensity interval training).

Baca Juga: 4 Olahraga Terbaik untuk Jaga Kesehatan Mental

LISS atau yang sering kita sebut dengan aerobic. Aerobic yang ini berbeda dengan aerobic yang seperti umum kita ketahui.

Dan aerobic yang dimaksud adalah dengan udara. Artinya adalah kita melakukan olahraga seperti jalan santai, kemudian renang ringan, atau bersepeda santai.

Jadi, dengan kecepatan konstan dan tidak membuat denyut jantung kita berdebar dengan kencang. Dan bahkan sambil melakukan olahraga tersebut, kita bisa sambal main ponsel, atau ngobrol dengan teman kita.

Dan kelebihan olahraga ini yaitu 30 menit pertama yang dibakar adalah gula darah atau gula di dalam tubuh kita. 

Baca Juga: 3 Manfaat Latihan Tabata, Olahraga 4 Menitan yang Intens

Kemudian 30 menit selanjutnya, barulah lemak akan dibakar. Contohnya, ketika kita berolahraga selama 45 menit, 30 menit pertama adalah gula dulu yang dibakar, kemudian 15 menit lemak yang akan dibakar selama olahraga itu saja. 

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X