• Selasa, 30 November 2021

Hidup Terlalu Sehat dan Steril Ternyata Rentan Terkena Penyakit, Diantaranya Alergi dan Asma

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 10:50 WIB
ilsutrasi Mandi
ilsutrasi Mandi

NEWSmedia - Pola Hidup bersih dan sehat tentunya harapan semua orang dan menjadi sebuah keharusan bagi orang yang mencintai kebersihan. 

Namun siapa sangka bahwa ternyata menjaga kebersihan hidup baik lingkungan dan dirinya sendiri secara berlebihan bisa menyebabkan badan terserang penyakit seperti asma dan alergi

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa gaya hidup yang terlalu steril bisa berdampak buruk pada kekebalan tubuh.

Baca Juga: 7 Minuman Sehat yang Dapat Dikonsumsi Selain Air Putih, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Imun

Lalu adalah batas wajar menjaga kebersihan? Menurut penjelasan dari hallo sehat yang di lansir NewsMedia pada tgl 20 oktober 2021.

Anggapan bahwa hidup kelewat bersih bisa membahayakan kesehatan datang dari “hipotesis kebersihan” yang pertama kali diperkenalkan oleh Profesor David Strachan pada tahun 1989.

Menurut laman Cleveland Clinic, hipotesis hidup terlalu bersih ini muncul dari hasil meneliti angka kejadian alergi dan asma di negara-negara berkembang. 

Hipotesis ini merujuk pada kebiasaan para orangtua yang menjaga kebersihan rumah dan anak-anak secara berlebihan, misalnya dengan terlalu sering cuci tangan atau mandi.

Baca Juga: 8 Rahasia Sehat Ala Nabi Muhammad SAW, Wajib Dicoba Agar Dapat Sunnahnya

Akibatnya, sistem imun tubuh anak bisa tidak dapat terbentuk dan berkembang dengan baik karena tubuhnya hampir tidak pernah terpapar berbagai jenis kuman dan bakteri.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X