• Rabu, 1 Desember 2021

Bagaimana Mengatasi Hidung Tersumbat? Berikut Penjelasan dr. Sungadi Santoso

- Senin, 25 Oktober 2021 | 08:24 WIB
Ilustrasi orang pilek dan hidung tersumbat
Ilustrasi orang pilek dan hidung tersumbat

NEWSmedia - Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya hidung tersumbat.  Hidung tersumbat diakibatkan oleh beberapa hal, bisa karena alergi (alergi debu, serbuk sari atau habis bersih-bersih) atau bisa karena infeksi, perubahan cuaca, dan terkena hujan. 

Hal ini memang sangat menganggu, karena hidung tersumbat membuat kita susah untuk melakukan istirahat bahkan susah untuk tidur. 

Lalu apa yang harus kamu lakukan jika hal tersebut terjadi?

“Mungkin cara yang paling ampuh adalah segera ke apotek beli obat untuk membereskan hidung tersumbat tersebut” ujar dr. Sungadi dalam kanal Youtube-nya.

Baca Juga: Penyebab Rambut Muncul Uban, dr. Sungadi Santoso: Enzim Katalase Menurun dan Produksi H2O2 Meningkat

Dr. Sung juga menjelaskan, untuk obat sendiri ada berbagai macam. Pada umumnya isinya adalah obat-obatan decongestant untuk meredakan hidung tersumbat sendiri, ditambah dengan antihistamine yang biasanya untuk alergi . 

Jadi kalau kamu punya masalah pilek, flu, hidung tersumbat karena alergi, harus ada antihistamine di dalamnya untuk kandungan obatnya. Kemudian cara berikutnya adalah kamu sisih atau buang ingus kamu. 

“Nah ada juga sudah melakukan hal tersebut, sudah ditiup dengan kuat, namun tidak keluar juga” kata dr.Sung. 

Jadi sebenarnya apakah baik kalau kita buang ingus dengan kuat ?

“Pada sekitar pilek, ada yang ingusnya encer dan ada yang kental sekali sampai susah keluar dan satu lagi hidung tersumbat itu sendiri pun bukan murni karena lendir yang kental, bisa juga karena pelebaran pembuluh darah” tambah dr.Sung.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X