• Kamis, 2 Desember 2021

Apakah Air Kelapa Bisa Mengatasi Penyakit Kolesterol? Simak Penjelasannya

- Senin, 25 Oktober 2021 | 10:50 WIB
Ilustrasi Asam Urat
Ilustrasi Asam Urat

NEWSmedia - Kolesterol adalah penyakit yang mematikan dan banyak ditakuti oleh semua orang. Penyakit kolestrol banyak yang kita ketahui menyerang pada usia yang sudah lanjut usia. 

Namun di zaman sekarang penyakit-penyakit yang biasa kita ketahui menyerang yang usia lanjut, sekarang anak remaja sudah banyak yang terkena penyakit. Hal ini karena gaya hidup serta makanan yang dikonsumsi tidak sehat, akibatnya tubuh rentan terkena penyakit.

Makanan tersebut adalah gorengan, susu full cream, kuli t ayam, dan jeroan. Kebiasaan lain yang dapat meningkatkan kadar kolesterol, adalah kurang berolahraga dan merokok.

Baca Juga: Pengobatan Alternatif, Ini 7 Bahan Alami untuk Sembuhkan Asam Urat

Air kelapa dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kolestrol. Sebuah penelitian dilakukan pada tahun 2008 oleh para peneliti dari Food and Chemical Toxicology, mengemukakan bahwa air kelapa mempunyai efek dalam mengatasi kolesterol.

Penelitian dilakukan dengan membandingkan obat untuk kolesterol (lovastatin) dengan air kelapa pada seekor mencit.

Setelah 45 hari terlihat bahwa pada kedua kelompok terjadi penurunan jumlah kadar LDL (kolestrol jahat) dan peningkatan kadar HDL (kolestrol baik).

Baca Juga: Konsumsi Susu Kedelai Picu Asam Urat, Benarkah? 

Namun penelitian ini tidak melakukan pemeriksaan pada pasien dengan dasar penyakit kolestrol tinggi.

Air kelapa mengandung elektrolit yang baik dan digunakan oleh tubuh seperti mengandung kalsium, magnesium, kalium, dan natrium, dan kandungan nutrisi lainnya seperti asam folat, vitamin C, dan zat besi.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X