• Selasa, 30 November 2021

4 Rekomendasi Film yang Wajib Ditonton, Biar Kamu Semangat di Hari Sumpah Pemuda!

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 08:10 WIB
Poster Film Soe Hok Gie (miles film)
Poster Film Soe Hok Gie (miles film)
NEWSmedia - Esok hari tepat tanggal 28 Oktober 2021, Indonesia kembali memperingati hari Sumpah Pemuda ke 93 tahun.
 
Nyaris 1 abad Indonesia akan memperingati hari dimana seluruh perwakilan Pemuda Indonesia mengikat sumpah bersama.
 
Untuk mengenangnya, nih ada sejumlah rekomendasi film yang bisa ditonton agar kembali kita semangat menyatukan langkah untuk membangun Indonesia kedepan.
 
 
Berikut rekomendasi film yang wajib kita tonton di hari sumpah pemuda:
 
 
1. 3 Srikandi
 
Film ini terinspirasi dari kisah nyata tiga atlet perempuan panahan yang mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade Seoul 1988.
 
Selain ditempa dalam beragam latihan fisik, ketiganya juga memiliki tantangan masing-masing perihal kehidupan. Cara mereka menaklukkan semua tantangan demi tetap melaju ke Olimpiade
 
Saat itu dunia olahraga terutama cabang panahan, berada di titik kritis di mana dibutuhkan pelatih yang bisa menyiapkan tim panahan wanita dalam waktu yang singkat.
 
Satu-satunya yang bisa diandalkan menjadi pelatih adalah Donald Pandiangan (Reza Rahardian) yang dikenal sebagai “Robin Hood Indonesia".
 
Nah bagaimana kisahnya tonton yuk.
 
 
2. Gie
 
Film yang di sutradadari oleh Riri Riza dan Mira lesmana ini mengangkat sosok Soe Hok Gie yang diperankan oleh Nicholas Saputra.
 
Berdurasi 127 menit, film Gie merupakan adaptasi buku Catatan Seorang Demonstran karya Soe Hok Gie.
 
Soe Hok Gie merupakan aktivis dan penulis di tahun 60-an.
 
Dia sering menempatkan diri di luar pemerintahan bahkan melawannya dengan tulisan tulisan di media massa. Saat itu, Presiden Soekarno sedang berkuasa.
 
Dalam kesehariannya, Gie terkenal sebagai orang lurus, jujur dan tidak kenal kompromi. Kejujurannya ini pula yang sering menjadi asal-muasal konflik dengan orang sekitarnya.
 
Namun cintanya pada Indonesia dan dunia mahasiswa membuatnya harus bersikap seperti itu.
 
Gie tidak sungkan untuk angkat bicara ketika ada hal yang dia anggap merusak Indonesia.
 
Bukan cuma sinematografinya yang berkualitas dunia, plot cerita termasuk tentang kritik-kritik tajam yang diutarakan Gie soal politik dan isu sosial juga rasanya masih relevan sampai sekarang.
 
Tontonan wajib anak-anak muda segala era nih khususnya kaum millenial !
 
 
3. Sokola Rimba
Kalo kamu doyan titip absen atau skripsi kamu sampai berdebu karena kelamaan dianggurin, mungkin kisah Butet Manurung dan murid-muridnya di pedalaman Jambi bisa membakar semangat kamu lagi.
 
Keterbatasan akses dan minimnya perhatian publik menjadi tantangan tersendiri buat Butet dalam memberikan pendidikan alternatif,
 
Apalagi pada awalnya Suku Anak Dalam isalah satu suku yang masih terasing  tidak serta merta menyanggupi adanya program pendidikan di dalam hutan.
 
Nah, kalo Butet dan anak-anak pedalaman Jambi aja semangat belajar, masa kamu enggak?
 
4. Rudy Habibie
Diadaptasi dari buku karya Gina S. Noer yang berjudul “Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner”, film ini banyak menceritakan hal tentang BJ Habibie yang tidak banyak diketahui orang.
 
Bagian paling mengesankan dari film ini tentu perjuangan Habibie dalam menjaga cita-cita, hal yang kadang susah banget dilakukan oleh anak muda. 
 
Rudy Habibie merupakan film drama biopik tayang pada 2016 dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo.
 
Film ini merupakan prekuel dari Habibie & Ainun yang diangkat dari novel semi-biografi Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner karya Gina S. Noer, serta dibintangi oleh Reza Rahadian, Chelsea Islan, Indah Permatasari, Boris Bokir, Ernest Prakasa, dan Pandji Pragiwaksono.
 
Pada cerita kali ini, menceritakan sosok Rudy (B.J. Habibie muda) semasa kuliah di Jerman, yang kemudian ia bertemu dengan Ilona Ianovska, gadis asal Polandia.
 
Gadis ini ia cintai semasa kuliahnya, jauh sebelum akhirnya menikah dengan Ainun pada saat Habibie sudah menyelesaikan kuliahnya dan kembali ke Indonesia.
 
 
Demikian 4 rekomendasi film yang wajib ditonton pada hari sumpah pemuda. Jayo semangat jangan kendor.***

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X