• Selasa, 30 November 2021

9 Tips Agar Kita Dapat Menyelesaikan Masalah Tanpa Konsultasi Ke Psikolog

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 10:10 WIB
Ilustrasi Masalah
Ilustrasi Masalah

NEWSmedia - Setiap manusia tentu punya masalah, dan seharusnya masalah itu dipecahkan sesuai dengan akar masalahnya.

Kemampuan untuk mengontrol emosi, pikiran, dan perilaku dalam mencapai tujuan tertentu secara sederhananya disebut regulasi diri.

Regulasi diri dapat terlihat melalui bermacam perilaku, seperti dapat mengatasi stres dan rasa frustasi, serta dapat berpikir menyeluruh mengenai suatu masalah.

Seseorang dengan regulasi diri yang baik dapat tetap tenang dibawah tekanan dan bisa bangkit dari kegagalan atau keterpurukan. 

Baca Juga: Para Wanita Wajib Tahu, Menurut Psikolog Ini 8 Tanda Seorang Pria Benar-benar Mencintaimu

Karakteristik lain mengenai perilaku regulasi diri adalah mampu menenangkan diri sendiri saat merasa sedih dan dapat melihat sisi baik dari orang lain.

Melihat tantangan sebagai kesempatan berkembang serta bertahan dalam keadaan sulit juga termasuk dari perilaku regulasi diri.

Beberapa manfaat dari kemampuan regulasi diri adalah meningkatnya toleransi terhadap keadaan sulit, dapat menyelesaikan permasalahan secara mandiri, dan perasaan lebih bahagia.

Sebaliknya orang dengan regulasi diri yang buruk mungkin merasa kurang percaya diri, kurang memiliki harga diri, serta kesulitan menangani stress dan frustasi.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Masalah Dalam Diri Agar Hidup Tidak Stress dan Merusak Mood

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X