• Sabtu, 22 Januari 2022

Ini Alasan Bus Sekolah Berwana Kuning, Ternyata ilmiah Bukan Asal Cat

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:30 WIB
Ilustrasi Bus Sekolah
Ilustrasi Bus Sekolah

NEWSmedia - Hampir di semua negara di dunia, anak sekolah diantar menggunakan bus yang berfungsi untuk mengantar pelajar dari rumahnya menuju sekolah maupun sebaliknya. Biasanya kendaraan yang digunakan untuk mengantar anak sekolah ini mempunyai ukuran yang besar dan panjang. 

Hal ini dimaksudkan untuk mengangkut penumpang lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan penumpang lain.

Selain dari fungsi dan ukuran bus yang besar, ada yang menarik dari penampilan bus yang selalu berwana kuning. Ini bukan asal cat dengan warna kuning tetapi ada maksudnya. 

Baca Juga: Respon 12 Zodiak Saat Jatuh Cinta, Kamu Pernah Mengalaminya?

Bus sekolah dengan warna kuning sebetulnya bukan hanya digunakan dinegara kita, tetapi hampir digunakan diseluruh dunia dan sudah menjadi standar Internasional.

Pemilihan warna ini juga dianggap sebagai pembeda dan dianggap cukup cerah untuk mudah dilihat dan dibedakan dengan jenis kendaraan lain.

Kuning juga dipilih karena warna tersebut punya visibilitas tinggi saat pagi hari ketika masih gelap dan sore hari saat matahari mulai tenggelam. Sehingga dalam kondisi ini semua bus yang melewati jalan raya dapat terlihat dari jauh oleh penumpang maupun masyarakat umum.

Baca Juga: 7 Buah yang Bisa Dijadikan Masker Wajah, Diantaranya Buah Pisang dan Buah Naga

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consluting Justri Pulubuhu mengatakan, pemilihan warna kuning dianggap ilmiah karena mudah dilihat oleh mata manusia 1,5 lebih cepat dibandingkan warna lain.

“Warna kuning itu kan warna yang mudah dilihat, dan ini menjadi bahasa internasional sebagai warna peringatan, bahaya maupun hati hati. seperti mobil sampah yang berjalan lambat, atau rambu-rambu lalu lintas” kata Jusri Pulubuhu.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X