• Senin, 24 Januari 2022

6 Manfaat Mendengarkan Murottal Al Quran Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 11:05 WIB
Ilustrasi Al Quran
Ilustrasi Al Quran

NEWSmediaSebagai orang muslim tidak akan lepas dari yang nama nya Al Quran. Al Quran adalah kitab suci yang mempunyai banyak manfaat.

Al Quran memberikan manfaat saat orang mendengarkan dan membacanya, baik untuk kesehatan jiwa maupun fisik, hal ini sudah dbuktikan oleh para ahli yang melakukan penelitian selama bertahun-tahun.

Salah satunya yaitu ketika kita sedang mengalami kegelisahan dan kecemasan. Hanya dengan mendengarkan ayat Al Quran yang sudah banyak beredar dalam bentuk mp3 kita dengan mudah bisa mendengar kan nya kapan saja dan merasakan manfaatnya.

Baca Juga: Tatu Raudhatul Hasanah, Anak Sobang Banten yang Dapat Beasiswa S2 di Institut Ilmu Al Quran Jakarta

Berikut efek samping yang akan kita rasakan jika kita mendengarkan murotal alquran :

1. Sangat Baik untuk Psikologis Manusia

Studi dari University of Technology di Malaysia berhasil membuktikannya. Mereka mencoba mengukur aktivitas otak menggunakan Electro encephalogram (EEG). Alat itu akan mengukur gelombang alfa, beta, gamma, delta, dan theta. 

Tercatat bahwa otak menghasilkan gelombang alfa saat membaca dan mendengarkan Alquran. Ini mengindikasikan bahwa otak sedang dalam kondisi damai, tenang, terhindar dari stres, rileks, dan lebih fokus.

2. Meningkatkan Kemampuan Memori

Salah satu masalah degeneratif yang sering dialami oleh manusia adalah menurunnya kemampuan memori atau yang sering disebut sebagai pikun.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X