• Rabu, 17 Agustus 2022

Jokowi Pilih Andika Perkasa Sebagai Calon Panglima TNI Gantikan Marsekal Hadi Tjahjanto

- Rabu, 3 November 2021 | 14:23 WIB
Jenderal Andika Perkasa.
Jenderal Andika Perkasa.

NEWSmedia - Hari ini Presiden Joko Widodo mengusulkan KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Kabar ini disampaikan Ketua DPR Puan Maharani setelah menerima Surat Presiden (Surpes) yang dikirimkan oleh Menteri Sekteraris Negara Pratikno Rabu, 3 November 2021.

Puan mengatakan, lembaganya menerima Surat Presiden (Surpres) mengenai pengajuan calon Panglima TNI dari Presiden Jokowi.

"Presiden sudah mengusulkan nama satu calon Panglima TNI. Atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa," kata Puan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Siapa yang Akan Ditunjuk Presiden Jokowi untuk Menggantikan Panglima TNI? Hari ini Surpres Dikirim ke DPR

Puan juga menjelaskan, Jokowi hanya mengusulkan satu nama.

Setelah menerima Surpres, DPR diberikan waktu 20 hari untuk melakukan proses termasuk uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Kemudian hasilnya disahkan oleh DPR lalu dikirmkan kembali ke Presiden untuk kemudian dilantik.

Patut diketahui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan pensiun pada 8 November 2021. Sebelumnya Hadi Tjahjanto menjabat sebagai Panglima TNI sejak 2017, menggantikan Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Nama Andika sebetulnya sudah digadang-gadang akan menggantikan Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto yang pensiun bulan ini.

Bahkan dugaan Andika menjadi penglima ini sudah diprediksi sejak acara  HUT TNI Oktober lalu saat Ibu Iriana Jokowi disopiri oleh Jenderal Andika Perkasa.

Baca Juga: Heboh! Indonesia Jadi Presidensi G20, Presiden Jokowi: Indonesia Merasa Terhormat

Sinyal itu bertambah kuat saat Andika juga hadir dan mengantar kepergian Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke sejumlah negara di Eropa dan Timur Tengah.

Meskipun sebelumnya ada nama Laksamana Yudo Margono juga menjadi kandidat kuat menggantikan posisi Panglima TNI.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini