• Selasa, 9 Agustus 2022

Hukum Mengubur 2 Jenazah dalam 1 Liang Lahat, Simak Penjelasan Buya Yahya

- Rabu, 10 November 2021 | 10:30 WIB
Buya Yahya
Buya Yahya

NEWSmedia – Beberapa waktu lalu salah satu artis yang mengalami kecelakaan Vannesa Angel dan suaminya dikubur dalam satu liang lahat, bagaimana hukum islam memandang ini?

Dalam Alquran bahwa setiap yang bernyawa pasti akan merasakan atau mengalami mati. Tak sedikit orang yang menyiapkan wasiat sebelum ajal menjemputnya untuk kemudian ditunaikan oleh keluarganya yang masih hidup.

Wasiat yang ditinggalkan beragam, mulai dari pembagian harta sampai prosesi pemakaman yang diinginkan.

Baca Juga: Ustadz Adi Hidayat Ungkap Ayat Pencegah Lupa, Baca Surat Ini Agar Tetap Ingat Kepada Allah SWT

Sebuah video tanya-jawab bersama Buya Yahya yang diunggah oleh kanal youtube Al-Bahjah Tv menayangkan penjelasan Buya Yahya mengenai hukum mengubur dua jenazah dalam satu liang lahat.

Terlihat dalam video berdurasi 4 menit 25 detik itu seorang wanita  membacakan kertas berisi pertanyaan yang masuk dari seorang jamaah.

Seseorang (jamaah) tersebut menceritakan tentang ayahnya yang meninggal dunia dan dikuburkan dalam satu liang lahat bersama jenazah kakeknya.

Ia mengaku hal itu dilakukan karena permintaan ibunya dengan harapan mereka (ayah dan kakek) bisa bertemu di alam sana.

“Apakah saya berdosa, buya? Karena ini permintaan ibu saya. Mohon penjelasannya, buya. Terima kasih,” kata host dalam video tersebut membacakan pertanyaan yang masuk.

Yahya Zainul Ma’arif atau yang sering disebut Buya Yahya itu menjelaskan bahwa mengubur dua jenazah  dalam satu liang lahat diperbolehkan apabila sedang dalam keadaan darurat.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini