• Sabtu, 22 Januari 2022

Telapak Tangan Sering Basah dan Berkeringat, Normal Nggak Sih? Berikut Penjelasan dr Sungadi Santoso

- Rabu, 10 November 2021 | 11:30 WIB
Penyebab telapak Tangan Berkeringat (Foto: medkes)
Penyebab telapak Tangan Berkeringat (Foto: medkes)

NEWSmediaAda orang mengatakan kalau tangan sering berkeringat, sering basah, jantungnya lemah atau sakit jantung. Apakah pernyataan tersebut benar? Berikut penjelasan dari dr.Sungadi Santoso.

Dalam kondisi normal, pada manusia keringat bertujuan untuk mengeluarkan panas dari dalam tubuh. Misalnya pada saat olahraga, aktivitas, atau pada saat suhu tubuh naik, pada saat demam dan bahkan dalam keadaan tegang juga keringat kita bisa keluar.

Pada kulit telapak tangan, untuk kamu yang  memiliki produksi keringat yang berlebihan disebut dengan hiperhidrosis. Jadi di kulit ada yang namanya kelenjar keringat ekrin, dan keringatnya tidak berbau. 

Baca Juga: Hidup Terlalu Sehat dan Steril Ternyata Rentan Terkena Penyakit, Diantaranya Alergi dan Asma

“Berbeda dengan kulit yang berada di ketiak namanya apokrin, dan itu menimbulkan bau. Lau untuk mereka yang hiperhidrosis akan mengeluarkan keringat terus-menerus walaupun sedang tidak dibutuhkan. Jadi walaupun tidak kondisi panas, atau dalam kondisi deg-degan, mereka tetap mengeluarkan keringat yang berlebihan” kata dr.Sung dalam kanal youtube-nya.

Ha ini memiliki beberapa penyebab, yaitu 2 penyebab. Penyebabnya ialah primer dan ada yang sekunder. 

Untuk hiperhidrosis yang primer itu karena memang dari produk keringatnya yang berlebih tanpa sebab yang jelas atau mungkin dalam bahasa medisnya disebut idiopatik. Kemudian hiperhidrosis yang sekunder ini disebabkan karena ada penyakit yang menyertai atau penyakit tertentu.

Baca Juga: Ternyata Kurang Tidur Dapat Mempengaruhi Otak Kita, Begini Penjelasan dr. Sungadi Santoso

Dan salah satu gejalanya adalah tangan menjadi basah atau menjadi berkeringat. Contohnya adalah mereka yang mempunyai penyakit jantung, diabetes, tiroid, wanita yang sudah memasuki masa menopause atau bisa juga karena kasus infeksi.

Apakah orang yang tangannya basah selalu menderita penyakit jantung?

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X