• Minggu, 7 Agustus 2022

Kenapa Allah Menciptakan Hanya Satu Mulut dan di Depan? Berikut Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

- Kamis, 11 November 2021 | 18:04 WIB
Ustadz Adi Hidayat.
Ustadz Adi Hidayat.

NEWSmediaJika ada yang bertanya, kenapa Allah SWT menciptakan mulut seseorang itu depan? Tentu itu termasuk pertanyaan yang tidak biasa.

Terkait pertanyaan itu, Ustadz Adi Hidayat (UAH mengungkapkan, bahwa siratan hikmah di dalam Al-Quran memberikan gambaran kepada kita bahwa penciptaan mulut di depan itu ada hikmahnya, yakni agar manusia tidak banyak membicarakan sesuatu di belakang.

“Juga agar manusia tidak membicarakan sesuatu yang tidak pantas di depan sehingga meruntuhkan kehormatan dan kemuliaan dirinya,” ujar Ustadz Adi Hidayat dilansir NEWSmedia dari kanal YouTube Adi Hidayat Official, Kamis, 11 November 2021.

Baca Juga: Ternyata Ini Sejarah Munculnya Hari Ayah Nasional 12 November, ada Quotes Bagus juga untuk Ucapan Hari Ayah

UAH menguangkap beberapa ayat yang diturunkan Allah SWT, mengisyaratkan pesan dan hikmah yang mulia ini.

Misalnya pada Q.S Al-Hujurat ayat ke 11 yang berbunyi:

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olokkan) perempuan ain (karena) boleh jadi perempuan (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saing mencela satu sama lain dan jangan saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barang siapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.”

Baca Juga: Tes Kepribadian: Pilih Salah Satu Kupu-Kupu Nomor Berapa, Hasilnya Mengungkap Karaktermu yang Sesungguhnya

Makna dari ayat tersebut menyerukan kita agar jangan menggunakan lisan untuk mencela, untuk bergibah, bergosip, membuat hoax dan membicarakan sesuatu di belakang atau sesuatu yang dilarang.

Terlebih lagimembicarakan sesuatu yang kasar di depan, karena iru merupakan hal yang sangat dikecam.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini