• Minggu, 7 Agustus 2022

12 Manfaat Daun Binahong Sebagai Obat Herbal yang Jarang Orang Tahu, dari Obat Kanker Hingga Gagal Ginjal

- Selasa, 16 November 2021 | 10:30 WIB
Daun Binahong.
Daun Binahong.

NEWSmedia - Daun binahong merupakan tanaman obat yang cukup populer di tanah air, Karena sering digunakan sebagai obat dan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tanaman binahong merupakan tanaman rambat yang kaya akan manfaat yang biasanya banyak dibudidayakan di pekarangan rumah.

Binahong termasuk dalam tanaman obat yang sering digunakan sebagi obat dengan ciri tumbuh merambat dengan batang daun yang pendek dengan warna hijau berbentuk hati.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Kelor Selain Melancarkan Produksi ASI

Tanaman binahong dikembangbiakkan dengan menanam biji atau bagian akarnya. Di tanah air binahong banyak dimanfaatkan dalam dunia pengobatan herbal hingga dijadikan sayuran bening.

Dilansir dari buku berjudul 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya karya Drs. H. Arief Hariana, daun binahong mengandung flavonoid, saponin, asam askorbat, dan protein sehingga banyak manfaat yang bisa digunakan untuk pengobatan.

Daun binahong memiliki efek farmakologis antibakteri, antivirus, analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi. Karena kaya akan manfaat membuat daun binahong dipercaya efektif mengobati sejumlah penyakit.

Berikut manfaat daun binahong sebagai obat herbal yang dapat digunakan dirumah.

1. Maag

Saat maag kambuh, anda pasti merasa tidak nyaman. Daun binahong efektif mengobat maag, bagi anda yang enggan minum obat kimia. Caranya yaitu rebus 10 lembar daun binahong dengan satu gelas air sampai mendidih. Kemudian minum air rebusan binahong tiga kali sehari.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini