• Senin, 24 Januari 2022

Jangan Melakukan Hal Ini Jika Ingin Wudhu Kamu Menjadi Tidak Sah, Begini Menurut Ustadz Adi Hidayat

- Selasa, 23 November 2021 | 13:00 WIB
Seorang pria berwudhu dan merasakan manfaatnya. (Pixabay)
Seorang pria berwudhu dan merasakan manfaatnya. (Pixabay)
Newsmedia – Wudhu merupakan cara untuk mensucikan diri dari hadast kecil untuk dapat menunaikan ibadah. Tetapi pada pelaksanaanya, seringkali kita tidak paham apakah Wudhu itu sah atau Wudhu tidak sah.
 
Menurut Ustadz Adi Hidayat, terkadang ada hal hal yang sering dilupakan sehingga bisa dianggap tidak sah dalam berwudhu.
 
Adi Hidayat juga menjelaskan tentang bagian yang sering disalah pahami tersebut, dalam wudhu, Krena sebelum sholat maka wajib setiap muslim untuk berwudhu dan harus membasuh empat bagian agar wudhu menjadi sah.
 
 
Karena kata Adi yang populer dipanggul UAH ini ada bagian-bagian tersebut yang jika terlewatkan maka akan menjadi tidak sah wudhunya wudhunya.
 
Empat bagian tersebut adalah wajah, bagian tangan (dari siku hingga ke telapak), dan kaki (dari telapak sampai dua mata kaki) dan kepala. 
 
 
Menurutnya, dari empat bagian yang wajib dibasuh saat wudhu tersebut, ada satu yang sering tidak dipahami oleh kebanyakan orang, yaitu bagian kepala. 
 
Hal itu menjadi penyebab wudhu tidak sah Karena banyak orang yang wudhu biasanya hanya mengusap rambut saja. 
 
 
Dan inilah keadilan Allah SWT, setiap orang pasti punya kepala tapi tidak semua kepalanya tumbuh rambut," ujar Ustadz Adi Hidayat dalam kanal Youtube nya.
 
“Ingat ya jamaah bukan rambut, tapi kepala bukan rambut,” ujar Ustadz Adi Hidayat tegas.
 
Kewajiban untuk membasuh kepala tersebut merupakan keadilan Allah SWT karena tidak semua orang memiliki rambut.
 
 
Sehingga sangat dianjurkan dalam beruwdhu mengusap kepala agar wudhu nya sah dan dapat melaksanakan sholat dengan benar.***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X