• Kamis, 2 Desember 2021

Gubernur Banten Canangkan Banten Cegah Stunting: Apa Itu Stunting dan Penyebabnya, Simak Penjelasannya Disini!

- Jumat, 26 November 2021 | 05:05 WIB
Kadinkes Banten dr. Hj Ati Pramudji Hastuti memberikan penjelasan soal kasus Stunting di Banten kepada wartawan. (NEWSmedia)
Kadinkes Banten dr. Hj Ati Pramudji Hastuti memberikan penjelasan soal kasus Stunting di Banten kepada wartawan. (NEWSmedia)

NEWSmedia – Pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 Tingkat Provinsi Banten di Alun-alun Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Kamis 25 November 2021, Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mencanangkan Banten Cegah Stunting.

Persoalan ini menjadi serius, lantaran Gubernur Banten Wahidin Halim sampai mengeluarkan Instruksi Gubernur untuk bisa mencapai target penurunan angka stunting di Banten.

Lantaran saat ini, jumlah angka stunting di Banten di beberapa kabupaten/kota masih tergolong tinggi.

Baca Juga: Gubernur Banten Wahidin Halim: Jangan Euforia, Waspada Covid 19 Gelombang Ketiga di Bulan Januari!

Namun, tahukah kamu apa itu Stunting dan apa penyebabnya?

Dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI kemenkes.go.id, stunting adalah kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umurnya.

Lebih gampangnya, stunting adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya. Peneyebab utamanya adalah kekurangan nutrisi.

Baca Juga: Hasil Lengkap Babak 16 Besar Indonesia Open 2021: Hanya 6 Wakil yang Melesat ke Babak Perempat Final Besok!

“Banyak yang tidak tahu kalau anak pendek adalah tanda dari adanya masalah gizi kronis pada pertumbuhan tubuh si kecil. Hanya saja, perlu diingat bahwa anak pendek belum tentu stunting, sedangkan anak stunting pasti terlihat pendek,” demikian dijelaskan dalam laman tersebut.

Anak masuk ke dalam kategori stunting ketika panjang atau tinggi badannya menunjukkan angka di bawah -2 standar deviasi (SD).

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X