• Kamis, 2 Desember 2021

Jembatan Bogeg di Banten Bakal Pecahkan Rekor Jembatan Terlebar di Indonesia, Beroperasi Pertengahan Desember

- Jumat, 26 November 2021 | 05:20 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim meninjau pembangunan Jembatan Bogeg, sebuah jembatan yang bakal memecahkan rekor sebagai jembatan terlebar di Indonesia. (NEWmedia)
Gubernur Banten Wahidin Halim meninjau pembangunan Jembatan Bogeg, sebuah jembatan yang bakal memecahkan rekor sebagai jembatan terlebar di Indonesia. (NEWmedia)

NEWSmedia – Banten bakal memiliki jembatan terlebar di Indonesia. Jembatan ini membentang di atas jalan Tol Tangerang-Merak, tepatnya di KM 69+200 hingga KM 69+400, kawasan Bogeg, Kelurahan Banjar Agung, Kota Serang.

Jembatan ini memiliki panjang 78 meter dan lebar 33,8 meter  dan dipastikan akan memecahkan rekor sebagai jembatan terlebar di Indonesia.

Jembatan Bogeg, bakal menghubungkan Palima, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), di Jalan Syech Nawawi Al Bantani dengan Jalan Raya Jakarta.

Baca Juga: Gubernur Banten Wahidin Halim: Jangan Euforia, Waspada Covid 19 Gelombang Ketiga di Bulan Januari!

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Provinsi BantenArlan Marzan mengatakan,  jembatan ini tercatat sebagai kategori terlebar di Indonesia mengalahkan Jembatan Suramadu di Surabaya.  

“Saya perkirakan, pertengahan Desember jembatan itu sudah bisa dilalui. Nanti diresmikan oleh Bapak Gubernur Wahidin Halim,” ujar Arlan Marzan kepada NEWSmedia, Kamis 25 November 2021.

Menurut Arlan, jembatan yang membentang di atas tol Tangerang – Merak  (fly over) tersebut, bakal memecahkan rekor sebagai jembatan terlebar di Indonesia.

“Lebarnya 33,8 m. Mengalahkan lebar Jembatan Suramadu di Surabaya dan Jembatan Cisomang, Jawa Barat,” ujar Arlan lagi.

Baca Juga: Hasil Survei 3 Nama di Pilgub Banten 2024: Iti Octavia Saingi WH, Kalahkan Rano Karno dan Andika Hazrumy

Selama ini, Jembatan Bogeg menjadi salah satu simpul kemacetan dengan tingkat kepadatan yang cukup tinggi. Hal itu dikarenakan tingginya tingkat mobilitas masyarakat, namun tidak didukung oleh infrastruktur yang memadai.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X