• Kamis, 2 Desember 2021

Samsung Masih Merajai Ponsel Dunia dan Menguasai 22 Persen, Bagaimana Posisi Apple dan Xiaomi?

- Jumat, 26 November 2021 | 11:05 WIB
Spesifikasi HP Samsung Galaxy Z Flip, Flip2 dan Flip3 5G masih menguasai penjualan ponsel di seluruh dunia. (Tangkap Layar: www.samsung.com)
Spesifikasi HP Samsung Galaxy Z Flip, Flip2 dan Flip3 5G masih menguasai penjualan ponsel di seluruh dunia. (Tangkap Layar: www.samsung.com)

NEWSmedia - Meski secara umum terjadi kelangkaan chip secara global yang membuat penjualan dan juga produksi ponsel dunia turun tajam, tetapi nampaknya Samsung masih tetap merajai penjualan ponsel didunia.

Hal ini lantaran Samsung membuat chip sendiri dipabriknya dan tidak membeli dari perusahan lain, sehingga meski penjualan penjualan smartphone di kuartal ketiga tahun ini disebut turun 6,8 tetapi Samsung masih tetapi nomor satu di dunia.

Terganggunya rantai pasok komponen yang terjadi di beberapa manufaktur chip sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumen di seluruh dunia, tetapi hal ini tentu menguntungkan Samsung dan tidak berpengaruh besar terhadap penjualan.

Baca Juga: Xiaomi Pad 5 Tablet dengan Spek di atas Samsung Tab S7 dan iPad Air, Dibanderol Seharga Rp4,9 Juta

Dalam survei terbaru yang dilaporkan oleh Gartner sebuah perusahaan teknologi informasi di Amerika, keterbatasan dalam komponen seperti chip frekuensi radio dan manajemen daya menghasilkan kekurangan produksi di seluruh dunia.

"Dampaknya, akan mempengaruhi semua produsen smartphone besar, sehingga terjadi penurunan produksi dari 366 juta pengiriman menjadi hanya sekitar 342 juta unit pada Q3 2020," tulis Gartnet, Kamis, 25 Januari 2021.

Tetapi menurut Gartner, ponsel merk Samsung hingga kini masih menjadi produsen smartphone nomor satu di dunia. Mereka diprediksi selamat dari krisis chip yang terjadi secara global karena menggunakan komponen dan chip produksi sendiri.

Baca Juga: Samsung Rilis Ringtone Over The Horizon Versi Remix Buatan Suga BTS

Dalam laporan Gartner, Samsung memiliki pangsa pasar 20,2 persen secara global, meskipun angka itu menunjukkan penurunan 1,9 persen dibandingkan penjualan dan penguasaan pasar pada tahun lalu.

Selain itu Samsung juga tertolong oleh penjualan smartphone premium yang cukup lancar. Gartner merujuk pada penjualan smartphone lipat Samsung, baik Fold maupun Flip yang hingga kini masih banyak di pesan diseluruh dunia.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X