• Kamis, 27 Januari 2022

Tiga Tulisan Muhammad Asrul Membawanya ke Penjara, Dewan Pers Terbitkan Pernyataan Keprihatinan

- Sabtu, 27 November 2021 | 18:23 WIB
Muhammad Asrul jurnalis yang dipenjara 3 bulan karena beritakan kasus dugaan maling uang rakyat (@amnestyindo)
Muhammad Asrul jurnalis yang dipenjara 3 bulan karena beritakan kasus dugaan maling uang rakyat (@amnestyindo)

NEWSmedia – Pers tanah air berduka. Pasca putusan Pengadilan Negeri Palopo yang menjatuhkan vonis 3 bulan penjara kepada Muhammad Asrul, wartawan beritanews.com.  

Tiga tulisan sebagai karya jurnalistiknya malah membawanya ke penjara. Muhammad Asrul yang menulis soal dugaan korupsi, malah dijerat dengan UU ITE.

Sengketa Pers itu memunculkan keprihatinan mendalam bagi kalangan jurnalis tanah air. Dewan Pers pun secara resmi telah mengeluarkan pernyataan tentang keprihatinan atas kejadian ini.

Baca Juga: Istilah-istilah dalam Percintaan yang Perlu Diwaspadai dan Dihindari, Ghosting Ternyata Salah Satunya

Melalui instagram resminya @officialdewanpers, Dewan Pers menyiarkan pernyataan itu, Sabtu 27 November 2021.

“Pernyataan Dewan Pers Nomor : 03/P-DP/XI/2021 tentang Keprihatinan Dewan Pers Terhadap Pemidanaan Wartawan Muhammad Asrul Di Pengadilan Negeri Palopo Selasa, 23 November 2021,” demikian caption yang tertera pada laman Instagarm @officialdewanpers.

Lalu bagaimana peristiwa ini terjadi, hingga akhirnya Muhammad Asrul harus menedekam  di balik jeruji besi, karena tugasnya sebagai seorang wartawan.

Baca Juga: Kemesraan Prilly Latuconsina dan Reza Rahadian Membuat Netizen Meleleh, Mereka Resmi Pacaran?

Kasus ini bermula dari tiga tulisan Muhammad Asrul yang mengupas soal dugaan korupsi yang terjadi di Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Ketiga artikel itu masing-masing berjudul ‘Putra Mahkota Palopo Diduga Dalang Korupsi PLTMH dan Keripik Zaro Rp11 M’; ‘Aroma Korupsi Revitalisasi Lapangan Pancasila Palopo Diduga Seret Farid Judas’; dan ‘Jilid II Korupsi Jalan Lingkar Barat Rp5 M, Sinyal Penyidik untuk Farid Judas?’

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X